Evaluasi Program Belajar Mandiri Berbantuan Tutorial Mahasiswa S-1 PGSD-UT Di Kabupaten Lampung Utara UPBJJ Bandar Lampung

Suharno, Suharno (2009) Evaluasi Program Belajar Mandiri Berbantuan Tutorial Mahasiswa S-1 PGSD-UT Di Kabupaten Lampung Utara UPBJJ Bandar Lampung. Masters thesis, Universitas Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text
400268.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan kualitas program belajar mandiri berbantuan tutorial di Kabupaten Lampung Utara. Evaluasi difakuskan pada tujuan belajar mandiri, budaya belajar dan karakteristik mahasiswa S-1 PGSD-UT. karakteristik tutor, kesiapan administrasi mahasiswa dan tutor,fasilitas dan sarana prasarana tutorial, pendekatan pembelajaran dalam tutorial,aktivitas mahasiswa. prestasi belajar mandiri berbantuan tutorial, tingkat kepuasan dan manfaat mengikuti tuturial. Serta penelusuran lulusan S-1 PGSD-UT di Kabupaten Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Penelitian evaluasi program dilakukan dengan pengumpulan data, mendeskripsikan berdasarkan kriteria dari setiap komponen variabel yang diteliti dan mengambilan simpulan. Tempat penelitian adalah kelompok belajar mahasiswa S-1 PGSD-UT di Kabupaten Lampung Utara. Pengumpu1an data mengunakan angket, pedoman observasi,\vawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif Kesimpulan penelitian adalah: ( 1) Mahasiswa S-1 PGSD-UT perlu memahami tujuan belajar mandiri, (2) merubah budaya bclajarnya menjadi cara belajar mandiri (context). (3) usia mahasiswa hiterogen, mayoritas berjenis ke1amin perempuan, berlatar belakang pendidikan D-2 PGSD, ( 4) latar belakang pendidikan, jabatan dan status tutor sesuai Undang-undang Guru dan Dosen belum terpenuhi, (5) tutor dalam menyusun RAT-SAT masih ada kekurangan, (6)kesiapan administrasi mahasiswa dan tutor masih ada kekurangan, (7) kesiapan fasilitas dan sarana prasarana setiap kelompok belajar rata-rata terpenuhi 80 %(input). (8) penggunaan pendekatan pembelajaran dalam tutorial belum efektif dan masih ada kelemahan, (9) aktivitas mahasiswa cukup baik ada sedikit kekurangan (process). (1 0) Prestasi mata kuliah belajar mandiri berbantuan tutorial cukup baik, ( 11) mahasiswa cukup puas dalam mengikuti tutorial, ( 12) bantuan tutorial bermanfaat untuk meningkatkan wawasan mahasiswa S-1 PGSD-UT (product). (13) dan evaluasi terhdap kinerja lulusan dalam pembelajaran nilainya baik dan sangat baik (outcomes).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40268.pdf
Uncontrolled Keywords: Pendidikan jarak jauh, higher education, distance education, pendidikan tinggi,tutorial,
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 02 Feb 2017 03:34
Last Modified: 02 Feb 2017 03:34
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item