Devita, Agusliayana (2012) Pelayanan Perizinan Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KP2TSP) Kabupaten Aceh Tamiang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
40773.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (K,P2TSP) merupakan salah satu instansi baru pada Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang yang bergerak pada bidang jasa pelayanan perizinan. Tujuan berdirinya instansi ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus segala bentuk perizinan. Karena sebelumnya, segala bentuk pelayanan perizinan berada pada setiap instansi daerah dan dinas terkait. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan kantor P2TSP, dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian didesain dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang didukung oleh metode kualitatif. Penelitian kuantitatif dipergunakan dengan mengedepankan penelitian survey terhadap populasi yang terpilih sebagai sampel yang berasal dati pegawai kantor P2TSP, yaitu sebanyak 19 orang dan masyarakat pengguna jasa sebanyak 75 orang. Data dikumpul dengan cara menyebarkan angket kepada polulasi yang terpilih sebagai responden, dan melakukan wawancara sesuai dengan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa Pelayanan perizinan pada kantor P2TSP Kabupaten Aceh Tamiang belum kualitas. Hal ini diketahui dati jawaban responden terhadap vatiabel sarana prasarana, sebesar 43,4 % menyatakan kurang setuju dengan pernyataan bahwa fasilitas ruangan kantor P2TSP memadai, dan sebesar 54,7 % responden menyatakan kurang setuju dengan kenyamanan dan keamanan mangan. Ketidak efektifan kantor P2TSP juga di ketahui dati vatiabel pelayanan, meskipun dimensi sikap pegawai, transparansi dan keadilan baik, akan tetapi untuk dimensi efektif dan efisien pelayanan masing - masing responden menyatakan kurang setuju yaitu sebesar 42 % dan 30,7 %. Dan hasil analisis data, ternyata besarnya pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, kemampuan dan keterampilan, pengakuan dan penghargaan, sarana dan prasarana terhadap pelayanan adalah 33,1 %. Angka ini jauh lebih kecil dari sisanya yaitu 66,9 yang merupakan faktor-faktor penyebab lainnya dati luar dimensi vanabel yang diajukan. Dari kelima faktor yang penulis ajukan, faktor yang sangat kuat mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan di KP2TSP Aceh Tamiang adalah faktor budaya organisasi sebesar 0,256 dan faktor sarana prasarana sebesar 0,405.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40773.pdf |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan perizinan, kualitas, faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan perizinan, licensing services, quality, factors who affecting the quality of licensing services |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises (Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 06:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 09:30 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/641 |
Actions (login required)
View Item |