Kinerja Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard

Dahniar, Siti (2015) Kinerja Puskesmas Tanjung Selor Kabupaten Bulungan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42590.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas kinerja Puskesmas Tanjung Selor sebagai organisasi publik dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja Puskesmas Tanjung Selor ditinjau dari aspek-aspek Balance Scorecard, yang meliputi perspektif pelanggan, keuangan, pertumbuhan dan pembelajaran dan proses internal organisasi serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh Puskesmas Tanjung Selor dalam meningkatkan kinerjanya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder,data primer berupa hasil pengolahan kuesioner yang dilakukan pada pengunjung dan pekerja puskesmas Tanjung Selor, Data sekunder berupa arsip-arsip atau dokumen-dokumen yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian untuk prespektif pelanggan dinilai memuaskan berarti pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan oleh pengunjung, perspektif keuangan dinilai dari penerimaan retribusi pada tahun 2014 tidak tercapai tetapi sudah cukup baik, dari realisasi anggaran belanja puskesmas masih ada anggaran yang belum terserap tetapi secara keseluruhan sudah berhasil dalam menjalankan realisasi anggaran,perspektif bisnis internal yang dilihat dari realisasi upaya kesehatan wajib yaitu: dimensi upaya promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak termasuk KB, upaya perbaikan gizi masyarakat, upaya pencegahan dan penanggulagan penyakit menular, upaya pengobatan dan upaya kesehatan pengembangan dinilai cukup berhasil dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dilihat dari 3 (tiga) perspektif, yaitu: kapabilitas pegawai, sistem informasi dan motivasi, pemberdayaan dan keselarasan dinilai sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42590.pdf
Uncontrolled Keywords: puskesmas, kinerja dan balanced scorecard, clinic, performance
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658 General Management (Manajemen Umum)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Feb 2017 07:51
Last Modified: 21 Sep 2018 02:06
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item