Wenda, Ekiman (2015) Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 4 Mimika Kabupaten Timika Tahun 2015. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42553.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Terjadinya perang suku di Mimika Timika dalam kurun waktu lima tahun terakhir cukup membuat kinerja guru di SMP Negeri 4 Mimika Kabupaten Timika terganggu, oleh karena itu penelitian ini ingin menguji kinerja guru yang dilihat dari dua sisi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor internal terdiri dari motivasi kerja dan kompetensi. Kemudian faktor eksternal terdiri dari lingkungan fisik dan non fisik sekolah, sarana prasarana sekolah, gaji insentif yang diberikan kepada guru, dan kebijakan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research. Terdapat 36 guru sebagai responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu total sampling dalam penelitian ini dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi berganda yang disyaratkan memenuhi kriteria statistik seperti uji validitas dan reliabilitas, serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, autokorelasi, eterokedastisitas dan uji multikolienaritas. Setelah persyaratan statistik terpenuhi, uji T dan uji F untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dapat dilakukan. Dari kedelapan hipotesis yang diajukan, terdapat tiga hipotesis yang diterima yaitu motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru, kebijakan sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru, dan pengaruh simultan faktor internal dan eksternal terhadap kinerja guru. Secara teoritis, implikasi penelitian ini adalah tidak semua faktor internal dan eksternal secara parsial dapat mempengaruhi kinerja guru. Kemudian implikasi manajerial dalam penelitian ini antara lain manajemen sekolah sebaiknya tidak menutup diri untuk mengikutsertakan guru-gurunya dalam pengembangan ilmu dan pelatihan-pelatihan yang biasanya dilakukan oleh pemerintah terkait, memperbaiki kondisi internal sekolah, kemudian peraturan yang jelas mengenai pemberian gaji atau insentif, dan yang terakhir meningkatkan motivasi melalui pelatihan dan outbound.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42553.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kinerja Guru, Total Sampling, Regresi Berganda, Internal factors, External Factors, Performance, Master, Total Sampling, Multiple Regression |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen SDM |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 13 Feb 2017 08:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 08:35 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6413 |
Actions (login required)
View Item |