Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bireuen Kabupaten Bireuen

Hanafiah, (2015) Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bireuen Kabupaten Bireuen. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42447.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat mempengaruhi kualitas suatu bangsa karena pendidikan merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut tersebut maka pemerintah telah menempuh berbagai kebijakan dimana salah satunya adalah melalui Program Manajemen Berbasis Sekolah, maka pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah yang melandasi pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program manajemen berbasis sekolah di SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen. Mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program manajemen berbasis sekolah di SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen. Desain penelitian ini adalah kualitatif (qualitative research) yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari partisipan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan semua warga sekolah yang terlibat langsung, yakni kepala sekolah, guru, komite sekolah orangtua siswa dan siswa. Pada hasil analisa didapat bahwa Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen meliputi : pertama manajemen sekolah yang terdiri dari manajemen siswa, manajemen personil, manajemen kurikulum, manajemen sarana prasarana, dan manajemen keuangan, dan hubungan sekolah dengan masyarakat (humas). Dalam setiap bidang manajemen yang dilaksanakan di SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen meliputi beberapa kegiatan yang disesuiakan dengan bidang masing-masing untuk memajukan sekolah. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen melakukan penilaian kelas yang dapat dilakukan dengan teknik tes dan non test. Test berupa tertulis, lisan dan perbuatan. Non test berupa pemberian tugas, PR portofolio, unjuk kerja dll. Selain ulangan harian, juga dilakukan ulangan tengah semester dan ulangan kenaikan kelas. Adapun mekanisme penentuan kenaikan kelas dan kelulusan didasarkan pada pencapaian kriteria ketuntasan minimal dam kriteria ketentuan kelulusan. Dalam melaksanakan program MBS SMAN 3 Bireuen Kabupaten Bireuen juga mengalami berbagai kendala yang san gat kompleks yang berasal dari siswa, guru dan tenaga kependidikan, lingkungan sekolah dan juga peran scrta masyarakat. Namun demikian berkat kerjasama yang baik antara bcrbagai pihak tcrkait maka berbagaikendala d:1pat tcratasi dan tidak berpengaruh besar tcrhadap lancarnya pelaksanaan program MBS di SMAN 3 Bircuen Kabupaten Bireuen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42447.pdf
Uncontrolled Keywords: manajemen sekolah, school management,SMA,Sekolah Lanjutan Tingkat Atas
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 13 Feb 2017 08:45
Last Modified: 20 Feb 2017 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6417

Actions (login required)

View Item View Item