Profesionalisme Guru Mengelola Pembelajaran Era Digital

Ahmad, Husen (2016) Profesionalisme Guru Mengelola Pembelajaran Era Digital. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-06.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Pendidikan di Indonesia berlandaskan UU Sisdiknas No 20 Th. 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Bertolak dari UU Sisdiknas, pertanyaan 'Bagaimana mewujudkan tujuan yang ditentukan UU Sisdiknas Era Digital. Menurut penulis, keadaan tersebut membutuhkan pendidik yang yang mempunyai sifat profesional, pembelajaran aktif, dan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sifat professional atau profesionalisme guru adalah mereka yang ahli dalam mengelola pembelajaran. Pendidik dimaksud adalah yang memenuhi Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru (BSNP) Pasal 16 Tahun 2007, Kualifikasi Akademik tingkat sekolah Dasar dan Menengah adalah S1, dan Kompetensi Guru, (1) Pedagogik, (2) Kepribadian, (3) Sosial, dan (4) Profesional. Pembelajaran menurut Gagne dan kawan kawan, dalam Benny A. Pribadi ‘Model ASSURE (hal 16 : 2016) adalah “serangkaian sumber belajar dan prosedur yang digunakan untuk memfasilitasi berlangsungnya proses belajar”. Menurut Smith dan Ragan, ada 3 faktor yang diperhatikan dalam pembelajaran, yaitu (1) efektivitas, (2) efisiensi, (3) daya tarik. Prosedur pembelajaran Menurut Heinich dan kawan-kawan, yaitu; (1) peran aktif siswa, (2) latihan, (3) perbedaan individual, (4) umpan balik, (5) konteks nyata, (6) Interaksi sosial ( Benny A. Pribadi, 2011). Pembelajaran sukses sangat ditentukan oleh metode dan media yang digunakan. Era dewasa ini adalah era digital, manusia digolongkan menjadi 2 golongan manusia, yaitu Digital Immmgrant golongan yang lahir sebelum Internet, dan Digital Native golongan yang lahir setelah ada internet. Antara dua golongan tersebut bisa saling berkontribusi dalam menggunakan internet sebagai media dalam menciptakan pembelajaran yang aktif. Sementara pendidik terus belajar bagaimana merancang pembelajaran yang aktif, serta terus memperluas jaringan internet.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-06.pdf
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Mengolah Pembelajaran, Era Digital
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:55
Last Modified: 20 Mar 2017 03:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6477

Actions (login required)

View Item View Item