Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital

Lince, Ranak (2016) Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST1-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abad 21 berbeda dengan abad sebelumnya. Pada abad ini Perkembangan ilmu pengetahuanluar biasa disegala bidang, terutama bidang Information and Communication Technology (ICT). Kecanggihan teknologi ini beragam informasi dari berbagai sudut dunia mampu diakses dengan instant dan cepat. Komunikasi antar personal dapat dilakukan dengan mudah. Secara konseptual guru sebagai tenaga profesional harus memenuhi berbagai persyaratan kompetensi untuk menjalankan tugas dan kewenangannya secara profesional, sementara kondisi riil di lapangan masih sangat memprihatinkan, baik secara kuantitas, kualitas maupun profesionalitas guru. Persoalan ini masih ditambah adanya berbagai tantangan ke depan yang masih kompleks di era global ini. Guru yang datang dari dunia pra-digital kesulitan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan para siswa dari era digital. Kebiasaan dan cara mereka belajar pun tentu sangat berbeda dengan kebiasaan dan cara para guru dan orang tua mereka belajar. Hal ini sering membuat kedua belah pihak, murid di satu pihak dan guru dan orang tua di lain pihak, akhirnya sama-sama menjadi fustrasi dikarenakan terjadi ketidak nyambungan antara murid dan guru sehingga diperlukan sebuah strategi peningkatan profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan di era digital.Strategi Pengembangan profesi guru secara berkesinambungan, “dimaksudkan untuk merangsang, memelihara, dan meningkatkan kompetensi guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan mutu. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional, menjadi kebutuhan yang amat mendesak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST1-15.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi, Profesonal Digital
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:09
Last Modified: 30 Jan 2019 07:13
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item