Teguh, (2016) Tugas dan Tanggung Jawab Tutor Dalam Pelaksanaan Tutorial Online Universitas Terbuka (Studi Kasus Matakuliah Pendidikan Matematika 2). In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST1-23.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tutorial online (tuton) merupakan salah satu jenis layanan bantuan belajar yang disediakan Universitas Terbuka (UT) bagi mahasiswa. Salah satu mata kuliah yang diberikan bantuan belajar berupa tuton yaitu Pendidikan Matematika 2 pada program studi PGSD FKIP-UT. Untuk dapat mengikuti kegiatan tuton, mahasiswa membutuhkan jaringan internet. Mahasiswa yang memanfaatkan tuton ini masih sedikit karena jaringan internet di pelosok daerah terpencil masih sulit sedangkan mahasiswa harus melakukan kegiatan aktivitasi tuton seperti mengunduh (download) materi inisiasi, mengikuti diskusi, dan mengunggah (upload) jawaban tugas tutorial 1, 2, dan 3. Kegiatan tuton mata kuliah ini, berdasarkan pengamatan penulis sebagai tutor tuton belum maksimal diikuti oleh mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari data jumlah mahasiswa peserta tuton pada masa registrasi 2016.1 untuk kelas A yaitu 200 orang mahasiswa sedangkan yang aktif hanya 18 mahasiswa. Peserta pada kelas B berjumlah 200 orang mahasiswa, sedangkan yang aktif hanya 16 mahasiswa. Dari dua kelas, data tercatat 400 mahasiswa. Namun demikian, mahasiswa yang aktif mengikuti tuton hanya 34 orang mahasiswa atau 8,5%. Keaktifan mahasiswa masih perlu ditingkatkan mengingat kontribusi nilai akhir tuton berpengaruh cukup signifikan yaitu 30%. Nilai akhir tuton dari dua kelas tuton ini berada pada rentang 0-72, sehingga apabila diambil nilai tertinggi 72 maka mahasiswa akan mendapatkan kontribusi nilai dari tuton adalah 21,6. Peran tutor sangat diperlukan agar mahasiswa dapat ikut aktif dalam kegiatan tuton. Peran tutor yang diperlukan meliputi memberi tanggapan terhadap diskusi mahasiswa, memotivasi keaktifan mahasiswa, menjawab pertanyaan mahasiswa, dan menyapa mahasiswa melalui pesan singkat. Tutor tuton bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tuton diantaranya membuka dan memperbaiki materi setiap minggu setiap inisiasi, menilai keaktifan mahasiswa, dan memberikan umpan balik dari setiap jawaban tugas, dan memberi penilaian akhir tuton.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST1-23.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Tuton, Tugas, Tanggungjawab, Pendidikan Matematika 2 |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.1 Organization and Activities in Higher Education (Organisasi dan Aktivitas di Perguruan Tinggi) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 08:07 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 08:07 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6497 |
Actions (login required)
View Item |