Soekisno, R. Bambang Aryan (2016) Sikap dan Kemampuan Metakognitif Sains Matematika Guru dan Peserta Didik: Kesiapan Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Pada Kurikulum 2013. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).
|
Text
TING2016ST5-01.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (25MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menggali sikap dan kemampuan metakognitif guru dan peserta didik sebagai dasar pengembangan program sekolah untuk mencapai standar kompetensi lulusan sesuai kurikulum 2013. Indonesia mulai tahun 2016 secara serentak menerapkan kurikulum baru bernama kurikulum 2013. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum baru menghendaki pencapaian pengetahuan metakognitif pada semua jenjang, termasuk jenjang sekolah menengah atas. Penelitian ini memfokuskan pada kelas IPA. Sebanyak 30 guru dan 168 peserta terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dalam sikap metakognitif guru dan murid sudah baik, rerata kesadaran metakognitif berada pada kisaran 80%. Namun kemampuan metakognitif sains matematika para guru dan peserta didik sangat rendah. Rerata hasil tes metakognitif berkisar antara 0% sampai 33%. Berdasarkan hasil ini sekolah harus mengembangkan pembelajaran berbasis masalah dan literasi guna meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | TING2016ST5-01.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Metakognitif, Sikap, Kemampuan, Kurikulum Baru |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.144 Evaluation Of Teacher (Evaluasi Guru) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII |
Depositing User: | rudi sd |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 03:39 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 08:20 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6511 |
Actions (login required)
View Item |