Pengaruh Motivasi Mahasiswa PPKn Terhadap Hasil Belajar Melalui Tutorial Online

Sudarso, Yos (2016) Pengaruh Motivasi Mahasiswa PPKn Terhadap Hasil Belajar Melalui Tutorial Online. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST5-02.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Beberapa studi hasil belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online dipengaruhi oleh motivasi. Durington & Yen (2011) mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsic lebih tinggi memiliki tingkat partisipasi tinggi dibandingkan mahasiswa yang memiliki motivasi intrinsik yang lebih rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari 93 mahasiswa PKN yang melakukan validasi tutorial online, terdapat 16 mahasiswa (17%) aktif mengikuti tuton matakuliah PKNI4317 Hak Asasi manusia, 14 mahasiswa (15%) peserta tuton matakuliah PKNI4312 Pembinaan Generasi Muda dan 16 mahasiswa (17%) peserta tuton matakuliah PKNI 4209 Kirminologi dan Kenakalan Remaja. Sedangkan untuk pengisian kuesioner, hanya 4 mahasiswa (4%) peserta tuton matakuliah PKNI4317 Hak Asasi Manusia,7 mahasiswa (8%) peserta tuton matakuliah PKNI4312 Pembinaan Generasi Muda dan 16 mahasiswa (17%) peserta tuton matakuliah PKNI4209 Kriminologi dan Kenakalan Remaja. Motivasi mahasiswa PPKn rata-rata berada pada tingkat sedang, dimana motivasi mahasiswa laki-laki lebih tinggi sedikit dibanding mahasiswa perempuan. Motivasi belajar berpengaruh terhadap nilai akhir tuton yang dicapai mahasiswa (r= 0,699). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi nilai tuton yang dicapai mahasiswa. Kata Kunci:

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST5-02.pdf
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Tutorial Online
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 21 Mar 2017 03:42
Last Modified: 21 Mar 2017 03:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item