Pengaruh Mutu Pelayanan Administrasi dan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Paviliun RSUD Ahmad Yani Metro

Mulyono, Joko (2008) Pengaruh Mutu Pelayanan Administrasi dan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Paviliun RSUD Ahmad Yani Metro. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40844.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mencapai visi pembangunan kesehatan Indonesia Sehat Tahun 2010 yaitu suatu gambaran masyarakat yang mempunyai perilaku sehat, lingkungan sehat dapat menjangkau pelayanan yang bermutu sehingga mempunyai status kondidi kesehatan yang optimal. Untuk mencapai tujuan visi tersebut perlu adanya lembaga yang menyelanggarakan jasa kesehatan. Rumah sakit sebagai salah satu penyelenggara jasa pelayanan kesehatan memiliki peran sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masayarakat. Namun dalam penyelenggaraan jasa kesehatan ini, rumah sakit sering tidak memberikan pelayanan sesuai dengan harapan masyarakat. Harapan untuk sehat yang diinginkan oleh masyarakat semakin meningkat, sejalan dengan pemahaman arti sehat dan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini perlu adanya perubahan paradigma pelayanan jasa kesehatan oleh rumah sakit yaitu pelayanan prima yang diberikan kepada pasien baik pelayanan administrasi, medik, dan penunjang medik. Penilitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh mutu pelayanan administrasi dan keperawatan terhadap kepuasan pasien. Apabila mutu pelayanan ini baik maka berdampak pada kepuasan pasien yang selanjutnya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang utama adalah kuisioner. Besarnya sampel 30 responden dengan teknik pengambilan sampel berstrata secara proposional. Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Paviliun RSUD Ahmad Yani Metro. Data yang diperoleh dari jawaban responden ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk hipotesis 3 dianalisis dengan menggunakan regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara mutu pelayanan administrasi terhadap kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5 % maka diperoleh Fhitung = 35,895 > Ftabel = 4,96. 2) terdapat pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5% maka diperoleh Fhitung = 29,142 > Ftabel = 4,96. 3) terdapat pengaruh antara mutu pelyanan administrasi dan keperawatan terhadap kepuasan pasien dengan tingkat alpha 5% maka diperoleh Fhitung = 30,019 > Ftabel = 3,40. Sebagai kesimpulan, Penelitian ini membuktikan bahwa pelayanan administrasi dan keperawatan yang diberikan kepada pasien secara baik selama masa perawatan memberikan kepuasan bagi pasien. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan administrasi dan keperawatan secara signifikan meningkatkan kepuasan yang kemudian meningkatkan kepercayaan terhadap rumah sakit tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40844.pdf
Uncontrolled Keywords: pelayanan, kepuasan, kepercayaan, service, satisfaction, trustment
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:12
Last Modified: 31 Oct 2016 07:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item