Manfaat Multimedia Dalam Pembelajaran IPS di SD

Sumarmi, Mamik (2016) Manfaat Multimedia Dalam Pembelajaran IPS di SD. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK terutama dalam system komunikasi informasi, di mana lingkungan sosial budaya menjadi lebih terbuka sehingga memungkinkan peserta didik berinteraksi edukatif. Dalam kondisi seperti ini pendidikan IPS akan dirasakan sebagai kebutuhan apabila memberikan kemampuan kepada mereka untuk dapat melakukan interaksi tersebut sepanjang hayat. Sumbangan IPS akan terasa apabila siswa dibekali potensi berpikirnya mengikuti perkembangan perubahan dalam kehidupan sosialnya, memperoleh pengetahuan, kemampuan, keterampilan fungsional. Selama ini masih banyak anggapan bahwa IPS tidak dapat memberikan sumbangan fungsional karena bidang studi masih dihinggapi penyakit sebagai “hafalan” yang membosankan, guru kurang memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Sisi lain pada masalah lingkungannnya kurang mampu mempertajam wawasan serta kemandirian sebagai wahana pengembangan kreativitas dalam kondisi semangat belajar berkelanjutan. Adapun permasalahannya “Apa saja manfaat multimedia dalam pembelajaran IPS? Bagaimana memilih multimedia yang tepat dalam meningkatkan pembelajaran IPS?”Tujuan makalah untuk mengetahui manfaat multimedia dalam pembelajaran IPS dan memembedakan multimedia yang tepat untuk penyajian materi yang berbeda-beda. Metode yang digunakan berupa kajian pustaka, observasi ke sekolah dan wawancara kepada beberapa guru tentang penggunaan multimedia dalam pembelajaran IPS. Kesimpulan dari makalah ini bahwa manfaat multimedia dalam pembelajaran IPS antara lain proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, kualitas belajar dapat ditingkatkan, proses belajar dan mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. Sedangkan pemilihan multimedia yang tepat dalam pembelajaran IPS disesuaikan dengan materinya, hal ini akan mempermudah siswa menerima materi yang disajikan dan memperluas wawasan siswa serta menumbuhkan IPS sebagai pendidikan luar sekolah yang berakar pada budaya bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-18.pdf
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other Studies for Elementary Education (Lain-lain untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 04:12
Last Modified: 23 Mar 2017 04:12
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6540

Actions (login required)

View Item View Item