Analisis Pragmatik Makna Psikologis Dalam Komik "Story Of A Broken Home Kid" Karya Azka Corbuzier, 2016

Vedia, (2016) Analisis Pragmatik Makna Psikologis Dalam Komik "Story Of A Broken Home Kid" Karya Azka Corbuzier, 2016. In: Temu Ilmiah Nasional Guru VIII Tahun 2016: Tantangan Profesionalisme Guru di Era Digital, 26 November 2016, Balai Sidang Universias Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
TING2016ST2-31.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam usaha untuk menguasai bahasa, seorang anak menampakkan kekhasan tersendiri yang berbeda dengan bahasa orang dewasa. anak-anak sering menggunakan strategi yang khas dalam menerima bahasa, menginternalisasikannya, dan kemudian menggunakannya dalam berkomunikasi. Jika dibandingkan dengan bahasa orang dewasa, bahasa anak memiliki perbedaan karakteristik dalam komponen semantik, sintaksis, dan konseptual. Hal ini tentu menarik untukditeliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analitik deskriptif dengan tujuan untuk menghasilkan deskripsi data secara sistematis, investigasi dari fenomena yang ada, dan akhirnya menghasilkan deskripsi data ilmiah. Sumber data untuk penelitian ini diperoleh dari komik dari Azka (6 tahun) yang dipublikasikan di Youtube. Azka Corbuzier adalah seorang anak yang menderita disleksia. Ia putra mentalis terkenal di negara ini yaitu Deddy Corbuzier. menarik perhatian publik bukan hanya di Indonesia melainkan juga dunia internasional. Hal ini menjadikan penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh. Data dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan pada analisis pragmatik. Penelitian ini menggunakan teori dan pendekatan tindak tutur oleh Searle untuk menemukan dasar struktur konseptual yang tampak dari penggunaan bahasa dalam komik Azka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur konseptual bahasa terlihat dari segi pragmatik. Penemuan analitis pragmatik menunjukkan penggunaan bahasa pada anak berusia 6 tahun memiliki hubungan yang kuat dengan konsep psikologis, latar belakang pengetahuan, keyakinan, dan harapan pengguna bahasa. Hasil penelitian ini dapat menjad masukan bagi pengajaran bahasa pada umumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): TING2016ST2-31.pdf
Uncontrolled Keywords: Komik Video, Makna Psikologis, Tindak Tutur
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.15 Psychology of Education (Psikologi Pendidikan)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru VIII
Depositing User: rudi sd
Date Deposited: 23 Mar 2017 06:46
Last Modified: 23 Mar 2017 06:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item