Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh

Hendrayana, Angga Sucitra (2016) Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan Pada Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. In: Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
37-angga.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet yang terus menerus melahirkan suatu jaringan baru yang dikenal dengan sebutan sosial media. Sebagaimana yang diketahui, sosial media merupakan salah satu media online dimana para penggunanya dapat ikut serta dalam mencari informasi, berkomunikasi, dan menjaring pertemanan, dengan segala fasilitas dan aplikasi yang dimilikinya seperti salah satunya Facebook, dimana Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di Asia Tenggara. Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi negeri terbuka dan jarak jauh satu – satunya di Indonesia yang menerapkan sistem belajar jarak jauh tentu saja terus selalu meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para mahasiswa dan stakeholdernya. Sosial media memainkan peran penting dalam menghubungkan pelanggan dan meningkatkan layanan kepada pelanggan yaitu mahasiswa sehingga mahasiswa puas atas layanan pendidikan yang mereka terima. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi penggunaan layanan sosial media yang sudah diadopsi oleh UT dengan sampel Fan Page Facebook UPBJJ UT Bandung dengan cara melakukan survey. Survey dilakukan dengan mengunjungi Fan Page Facebook UPBJJ UT Bandung kemudian mengidentifikasi jumlah fans yang menyukai, jumlah orang yang membicarakan (word of mouth) lewat jumlah talking about this dan menganalisis bentuk - bentuk cara berkomunikasi dengan pelanggan lewat sosial media. Pemanfaatan layanan sosial media sebagai strategi komunikasi pemasaran dan manajemen hubungan pelanggan memberikan keunggulan bagi UT untuk memberikan layanan yang cepat bagi pelanggan khususnya mahasiswa ataupun dalam memperoleh pelanggan baru dan mampu memfasilitasi pelanggan baru baik masyarakat ataupun calon mahasiswa untuk, berpartisipasi, dan berinteraksi secara langsung untuk memperoleh informasi yang terbaru sesuai dengan apa yang diinginkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sosial media, komunikasi pemasaran, manajemen hubungan pelanggan
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FEKON-UT 2016
Depositing User: PKL UT UT
Date Deposited: 03 Apr 2017 08:22
Last Modified: 04 Apr 2017 01:45
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item View Item