Preferensi Masyarakat Kota Bogor Terhadap Atributatribut Perbankan Syariah Sebagai Landasan Empiris Strategi Pengembangan Perbankan Syariah Di Indonesia

Setiawan, Budi and Suharmiati, Suharmiati (2016) Preferensi Masyarakat Kota Bogor Terhadap Atributatribut Perbankan Syariah Sebagai Landasan Empiris Strategi Pengembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. In: Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
39-budi.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Bogor terhadap atributatribut perbankan syariah, menganalisis atribut-atribut utama yang menjadi preferensi masyarakat Bogor ketika memilih bank syariah, dan menetapkan strategi konseptual dalam upaya mengembangkan keberadaan perbankan syariah di Indonesia. Populasi penelitian seluruh masyarakat Kota Bogor yang berstatus sebagai kepala keluarga. Sampel ditetapkan dengan teknik convenience sampling berukuran 100 orang responden berstatus kepala keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik Friedman dan analisis matriks Importance Performance Analysis. Hasil penelitian diketahui persepsi masyarakat Bogor akan atribut-atribut perbankan syariah terkatagori menjadi dua, yakni penting dan cukup penting. Atribut yang dianggap penting adalah prinsip sesuai syariah, ATM, call center, kenyamanan dan kebersihan ruang pelayanan, lokasi strategis, keramahan dan kecepatan waktu pelayanan, jaminan keamanan transaksi, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan atribut yang dipersepsikan cukup penting adalah porsi nisbah, networking, internet banking, citra, suasana Islami, ragam produk, kejelasan prosedur, biaya kompetitif, kompetensi pegawai, dan prestige. Atributatribut utama adalah sistem bagi hasil non-riba, ATM, call center, citra, suasana Islami, kenyamanan dan kebersihan ruang pelayanan, lokasi, ragam produk, prosedur, biaya transaksi, keramahan dan kecepatan pelayanan, jaminan keamanan, dan CSR. 3. Strategi konseptual dalam upaya mengembangkan keberadaan perbankan syariah di Indonesia, dikatagorikan sebagai strategi prioritas utama, pertahankan prestasi, prioritas rendah, dan berlebihan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: perbankan syariah, atribut produk, preferensi konsumen, strategi bisnis
Subjects: 300 Social Science > 380-389 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 380.072 Research Methods (Metode Riset Penelitian Perdagangan,  Metode Riset Penelitian Komunikasi,  Metode Riset Penelitian Transportasi)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FEKON-UT 2016
Depositing User: PKL UT UT
Date Deposited: 03 Apr 2017 08:40
Last Modified: 04 Apr 2017 01:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item View Item