Peranan Organisasi Belajar Dalam Memanfaatkan Tik Untuk Meningkatkan Layanan Pekerjaan Di Era Digital

Silalahi, Wise Rogate (2016) Peranan Organisasi Belajar Dalam Memanfaatkan Tik Untuk Meningkatkan Layanan Pekerjaan Di Era Digital. In: Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
47-wise.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Di era digital saat ini, di mana arus informasi dan teknologi mengalami perkembangan pesat di seluruh pelosok, membuat semua pihak harus dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan pelayanan dalam pekerjaan. Kecepatan dan ketepatan layanan menjadi faktor penting keunggulan dari TIK. UPBJJ Universitas Terbuka Kupang sebagai perguruan tinggi yang bersifat jarak jauh, banyak menggunakan media dan TIK dalam layanan akademik dan non akademik, dengan jumlah mahasiswa yang besar yaitu 18.000 dan jumlah SDM PNS yang kecil berjumlah 23 orang. Untuk mengatasi kebutuhan pekerjaan, harus diatasi dengan pengembangan staf, mengingat penambahan staf dalam bentuk rekrutmen PNS bersifat terbatas sesuai dengan persetujuan alokasi SDM dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Pemerintah (PAN). Salah satu bentuk pengembangan staf adalah dengan melakukan organisasi belajar. Organisasi belajar adalah suatu proses belajar yang terus menerus dilakukan suatu organisasi dalam rangka untuk dapat mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi. Tujuannya adalah agar organisasi dapat memberikan layanan optimal sesuai dengan sasaran kualitas yang sudah ditetapkan oleh organisasi. Hasil dari praktik baik ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemberian layanan sesuai sasaran kualitas pada UPBJJ-UT Kupang. Sasaran kualitas bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar untuk Periode 2014.2, 2015.1, dan 2015.2 mengalami kenaikan. Di antaranya jumlah kehadiran tutor adalah 99,71 %, 99,85 %, 99,85 %, jumlah nilai TTM terentry adalah 99,89 %, 92,69 %, 98,61 %. Hasil ini menunjukkan bahwa organisasi belajar berperan penting dalam memanfaatkan TIK untuk meningkatkan layanan pekerjaan di era digital.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Organisasi Belajar, Pemanfaatan TIK, Era Digital
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
Divisions: Prosiding Seminar > Seminar Nasional FEKON-UT 2016
Depositing User: PKL UT UT
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:16
Last Modified: 04 Apr 2017 03:16
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item