Peningkatan Daya Saing UMKM Rambak Tapioka di Kabupaten Sukoharjo Melalui Introduksi Teknologi Produksi dan Branding Kemasan

Harini, and Anam, Choirul and Widiyanti, Emi (2016) Peningkatan Daya Saing UMKM Rambak Tapioka di Kabupaten Sukoharjo Melalui Introduksi Teknologi Produksi dan Branding Kemasan. In: Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).

[img]
Preview
Text
52-harini.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Usaha pembuatan kerupuk rambak ini, khususnya rambak yang terbuat dari tapioka cukup berkembang di Kabupaten Sukoharjo. Di antara pelaku UMKM pembuat rambak tapioka yang ada di kota ini, dua UMKM pelaku yang cukup eksis di mayarakat yaitu kerupuk rambak “ayu” milik Ibu Feri Indah Cahyaningrum dan rambak tapioka milik Ibu Sri Mulyati. Namun kedua UMKM ini menghadapi permasalahan produksi maupun manajemen. Untuk itu diperlukan adanya kegiatan yang berupaya memberikan solusi bagi permasalahan kedua mitra. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah sebagai beikut: 1) Introduksi alat perajang rambak; 2) introduksi kompor satu tungku dengan tekanan tinggi; 3) wajan penggorengan yang lebih besar; 4) penambahan tempat penjemuran dari besi; 5) penambahan dan handsiller untuk introduksi teknologi pengemasan; 6) dan perbaikan branding kemasan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: daya saing, teknologi produksi, branding kemasan
Subjects: 300 Social Science > 330-339 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.93-338.99 In Specific Localities (Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2016
Depositing User: PKL UT UT
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:36
Last Modified: 01 Oct 2018 08:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6613

Actions (login required)

View Item View Item