Analisis Pelayanan Dan Profesionalisme Pegawai Badan Kepegawaian Dan Diklat (BKD) Terhadap Kepuasan Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo

Sastriwartini, Betty (2015) Analisis Pelayanan Dan Profesionalisme Pegawai Badan Kepegawaian Dan Diklat (BKD) Terhadap Kepuasan Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42547.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan Badan Kepegawaian dan Diklat terhadap Kepuasan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme aparatur Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo (BKD) terhadap Kepuasan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo; dan 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan dan profesionalisme aparatur Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo (BKD) secara bersama-sama terhadap Kepuasan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo. Unit analisis penelitian ini adalah pegawai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo. Populasi penelitian 56 SKPD dan samplenya 97 PNS Kabupaten Bungo. Metode analisisnya analisis verifikatif kuantitatif, teknik analisis menggunakan Regresi Linear Berganda, dilanjutkan dengan uji analisis determinasi (R Square), Pengujian hipotesis secara parsial (uji t) dan simultan (uji F) dengan tingkat toleransi error 5% atau 0.05. Sebelum proses regresi terlebih dahulu telah di uji instrument penelitian (kuesioner) dengan uji validitas dan realibilitas serta asumsi. Hasilnya semua memenuhi kriteria untuk diteruskan pada tahapan analisis regresi linear berganda. Nilai R2 sebesar 0.500 menjelaskan bahwa variabel Pelayanan dan Profesionalisme pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat dapat menjelaskan Kepuasan Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo sebesar 50 persen, sedangkan sisanya sebesar 50 persen dipengaruhi oleh faktor atau variable lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pelayanan dan Profesionalisme pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo (BKD) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo baik secara parsial maupun secara bersama-sama (simultan), hal ini berdasarkan nilai sig. level dimana semuanya 0.000 berada dibawah nilai alpha 0.05. Untuk meningkatkan Kepuasan PNS di Kabupaten Bungo diantaranya adalah dengan memperbaiki Pelayanan dan Profesionalisme pegawai Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten Bungo (BKD).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42547.pdf
Uncontrolled Keywords: Service, Professionalism and Satisfaction, Pelayanan, Profesionalisme dan Kepuasan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:29
Last Modified: 05 Apr 2017 02:29
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item View Item