Kumanireng, Agustinus Doweng (2013) Pengaruh Implementasi Kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Flores Timur. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
41532.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Flores Timur tahun 2013, nilai rata-rata untuk ujian nasional selama tiga tahun terakhir mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Dalam evaluasi para kepala SMA di Kabupaten Flores Timur, disimpulkan bahwa rendahnya kualitas pencapaian hasil kelulusan UN anatara lain disebabkan oleh ketidaksiapan siswa secara matang untuk mengikuti ujian nasional. Banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa (Y) antara lain Logika Kebijakan (Xl), Lingkungan Implementasi Kebijakan (X2) dan Kemampuan Implementor (X3). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementas! kebijakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh implementasi kebijakan KTSP secara simultan terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negri di Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi berganda Sedangkan ukuran sampel adalah 112 guru. Untuk memperoleh data yang tepat, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan instrumen berbentuk kuisioner. Ada empat instrumen, yaitu instrumen prestasi belajar, instrumen logika kebijakan, instrumen lingkungan implementasi kebijakan, dan instrumen kemampuan implementor kebijakan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan statistika. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh Xl terhadap Y yang ditunjukan oleh nilai signifikan sebesar 0,028 dimana lebih kecil dari alfa yang digunakan yaitu 0,05, dan juga ada pengaruh X2 terhadap Y sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari alfa 0,5 serta ada pengaruh X3 terhadap Y yang ditunjukan oleh nilai signifikan sebesar 0,000 berarti lebih ked1 dari alfa yang digunakan yaitu 0,05. Secara simultan pengaruh ke tiga variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 74,130 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 berarti lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 41532.pdf |
Uncontrolled Keywords: | policy, education unit level curriculum (sbc), logic policy, environmental policy implementation and learning achievement, kebijakan, kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp), logika kebijakan, lingkungan implementasi kebijakan dan prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 375 Curricula (Kurikulum) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | admin upload repo |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 07:47 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 02:40 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/666 |
Actions (login required)
View Item |