Montolalu, Vigilia K. and Sigiro, Benny (2016) Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Jarak Jauh Bagi Mahasiswa UPBJJ-UT Manado di Kab. Kepulauan Sangihe. In: Seminar Nasional VIII 2016 Fakultas Ekonomi UT: Challenge and Strategy Faculty of Economics and Business in Digital Era, 24 November 2016, Balai Sidang Universitas Terbuka (UTCC).
|
Text
54-vigilia.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (694kB) | Preview |
Abstract
Kualitas layanan menjadi salah satu faktor kunci yang penting bagi sebuah organisasi atau institusi publik. Studi ini mencoba untuk menganalisis kualitas layanan pendidikan jarak jauh bagi mahasiswa Program Non Pendas UPBJJ-UT Manado di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kualitas layanan dianalisis dengan menempatkan kepuasan mahasiswa (pelanggan) dalam hubungannya secara konseptual, dan mendiskusikan layanan UPBJJ-UT Manado terutama tentang layanan Tutorial Online (Tuton) sebagai salah satu media pembelajaran dalam sistem belajar jarak jauh. Untuk mencapai tujuan tersebut, studi ini menggunakan metode kantitatif yang disertai dengan analisis kualitas layanan UPBJJ-UT Manado dari persepsi mahasiswa Program Non Pendas di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, studi dokumen, dan studi pustaka. Artikel ini menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Besaran pengaruh tersebut sebesar 0,383 (38,3%), dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti. Berdasarkan statistik deskriptif, nilai rerata (mean) menunjukkan tingkat jawaban mahasiswa untuk variabel kualitas layanan maupun kepuasan mahasiswa memiliki nilai yang cukup tinggi. Dari tinjauan persepsi mahasiswa, hampir sebagian besar mahasiswa (57,5%) mempersepsikan kualitas layanan UPBJJ-UT Manado berada pada kategori baik (tinggi), dan sisanya mempersepsikan sedang (35%) dan rendah (7,5%). Secara khusus pada Layanan Tuton, pada umumnya mahasiswa mempersepsikan kualitas layanan Tuton pada tingkat yang baik (72,5%). Hal ini dilihat dari daya tanggap dan perhatian/empati petugas, ketepatan layanan maupun materi-materi yang terkait dengan layanan Tuton (bukti fisik). Layanan Tuton tersebut dipersepsikan oleh sebagian besar mahasiswa, memiliki manfaat bagi mahasiswa, khususnya dalam rangka pencapaian tujuan kompetensi matakuliah. Karena itu, meski kualitas layanan dipersepsikan oleh mahasiswa pada tingkat yang baik,dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa hanya sebesar 38,3%, namun kualitas layanan tetap menjadi priroitas untuk ditingkatkan kedepannya secara kontinyu dalam kerangka menjaga ataupun meningkatkan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan utama UPBJJ-UT Manado.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Additional Information (ID): | 54-vigilia.pdf |
Uncontrolled Keywords: | higher education,distance education, quality service,kualitas layanan, pendidikan jarak jauh, kepuasan pelanggan |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FEKON-UT 2016 |
Depositing User: | PKL UT UT |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 03:19 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 04:24 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6664 |
Actions (login required)
View Item |