Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok Kecamatan Sintang)

Ida, Keresentiana (2016) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok Kecamatan Sintang). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42421.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Data Pendidik Dan Tenaga Kependidikan ( PTK ) Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok Tahun 2014/2015, terlihat dari masih adanya guru yang belum memenuhi standar kelayakan mengajar. Guna memotivasi guru untuk memenuhi standar kelayakan mengajar, maka faktor kepemimpinan kepaia sekolah sangat penting. Hasil penelitian ini mengungkapkan teknik kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kinetja guru pada Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok meliputi teknik menyiapkan orang-orang supaya mau menjadi pengikut; memperlakukan orang-orang sebagai manusia, bukan sebagai alat;menjadi tauladan bagi pengikut; persuasi dan pemberian perintah; menggunakan sistem komunikasi yang cocok serta memberi fasilitas-fasilitas untuk menjalankan peketjaan dengan baik. Dari berbagai teknik tersebut sebagian besar belum dapat diterapkan oleh Kepala SD Negeri 20 Mambok. Fungsi kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok baik sebagai pendidik (educator), pengelola (manager), sebagai pengurus (administrator), sebagai penyelia (supervisor),kemampuan mempengaruhi (leader), sebagai pembaharu (inovator), sebagai penggerak (motivator). Dari berbagai fungsi tersebut sebagian sudah diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 20 Mambok, namun sebagian lagi belum dilaksanakan. Memperhatikan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan hendaknya Kepala SD Negeri 20 Mambok dapat menerapkan teknik kepemimpinan dalam menyiapkan orang-orang supaya mau menjadi pengikut sekaligus menjadi tauladan bagi pengikutnya. Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru hendaknya dapat ditingkatkan terutama dalam mengembangkan kemampuan guru. Selain itu,diharapkan pula Kepala Sekolah selalu memanfaatkan hasil supervisi, dalam mengambil keputusan bersama warga Sekolah, serta dalam menetapkan prinsip penghargaan dan hukuman. Untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru pada SD Negeri 20 Mambok hendaknya penegakkan disiplin dilingkungan sekolah dengan aturan yang ada hendaknya dilaksanakan secara konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42421.pdf
Uncontrolled Keywords: techniques and fuastion leadership, headmaster, Teknik dan Fungsi Kepemimpinan, Kepala Sekolah
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:41
Last Modified: 04 Oct 2018 12:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6698

Actions (login required)

View Item View Item