Studi Kepemimpinan Guru Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di SMA Negeri 01 Mukomuko

Syafriyani, (2016) Studi Kepemimpinan Guru Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di SMA Negeri 01 Mukomuko. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42607.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan guru sebagai, fasilitator, motivator, pemicu belajar dan sebagali inspirator dalam pembelajaran JPA di SMA Negeri 01 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini terdapat empat hal yaitu guru sebagai, fasilitator, motivator, pemicu belajar dan inspirator. kepemimpinan guru sebagai fasilitators dalam pembelajaran IPA di SMA Negeri 01 Mukomuko adalah: a) menyia.pkan perangkat pembelajaran JPA, b) pembelajaran mengacu pada kurikulum, c) mengua:sai materi ajar IPA, d) mampu menggunakan alat peraga dan media pembelajaran IP A, e) menciptakan inte:raksi pembelajaran lPA yang mudah dipahami siswa, t) mampu mengelola kelas dengan baik dan menyenangkan, g) mampu memberikan umpan baJik yang positif terhadap respon siswa. Kepemimpinao guru sebagai motivator dalam pembelajaran IPA di SMA Negeri 01 Mukomuko adalah a) memperjelas tujuan pembelajaran IPA yang ingin dicapai, b) membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran IPA, c) menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, d) memberi pujian yang wajar terhadap setiap keberhasilan siswa, e) menciptakan persaingan dan kerja sama dalam pelaksanaan pembelajaran. Kepemimpinan guru sebagai pemicu belajar dalam pembelajaran IPA di SMA Negeri 01 mukomuko adalah a) meningkatkan wawasan siswa b) memberikan kesempatan siswa untuk dapat bereksplorasi dalam pembelajaran IPA, c) memberikan materi yang menghubungkan dengan kejadian sehari-hari dalam pernbelajaran IPA d) membuat wadah peminatan, e) mengembangkan ekstrakulikuler. Kepemimpinan guru sebagai inspirator dalam pembelajaran IPA di SMA Negeri 01 Mukomuko adalah a) mampu menarik dan mendorong minat siswa dengan tenang sehingga menyukai pelaj aran IP A , b) mengakumulsi potensi dalam diri siswa untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam pembelajaran lPA, c) melakukan perubahan menuju arah pencapaian cit-cita hidup baikjangka pendek maupunjangka panjang. d) memberikan inspirasi I petunjuk yang baik bagi kemajuan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42607.pdf
Uncontrolled Keywords: teacher leadership,science subject,kepemimpinan guru,pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 28 Apr 2017 03:03
Last Modified: 30 Jul 2019 07:15
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item