H, Rr. Ella Evrita (2015) Strategi Pemenuhan SDM Khususnya Dosen Bidang Creative Media Di SAE Indonesia. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42174.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
Creative Media adalah bagian dari Ekonomi Kreatif yang menyumbangkan nilai tambah dan tumbuh berkembang di Indonesia. Bidang ini mencakup desain, film, video, dan fotografi, musik, penerbitan, televisi dan radio, teknologi informasi, dan permainan interaktif. Untuk menumbuhkan bidang ini dibutuhkan strategi dalam pengelolaannya yaitu dengan meningkatkan jumlah dan kualitas SDM dalam bidang ini. Peningkatan jumlah dan kualitas SDM kreatif dipengaruhi oleh dua aspek utama, yaitu pendidikan kreatif dan peningkatan kapasitas tenaga kerja kreatif. Yang difokuskan pada pengembangan pendidikan formal dan nonformal. Pengembangan pendidikan formal membutuhkan lembaga pendidikan diantaranya adalah perguruan tinggi dibidang Creative Media. Untuk itulah didirikan lembaga pendidikan Tinggi SAE Indonesia pada tahun 2003. Dimana tujuannya adalah untuk memenuhi SDM-SDM dibidang ini. SAE Indonesia berkomitmen untuk memberikan dosen-dosen dengan kualitas yang sesuai dengan Industri. Kualitas tersebut diatas belum cukup untuk memenuhi kriteria sebagai dosen di bidang pendidikan di Indonesia. Karena Pemerintah khusus bidang pendidikan tinggi yang tertuang dalam ''UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen" mempunyai kualitas sendiri dalam persyaratan menjadi dosen suatu perguruan tinggi. Hal ini yang sulit sekali diwujudkan oleh SAE Indonesia sebagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Karena satu sisi harus memenuhi kualitas dosen sesuai kualitas industri atau permintaan pasar dan satu sisi harus bisa memenuhi kualitas dosen sesuai kriteria dari Kemenristek dalam peraturannya. Gap pemenuhan dosen yang sesuai dengan kualifikasi industri dan kualifikasi pemerintah inilah yang menjadi dasar penelitian ini. Profile yang bagaimana yang diinginkan SAE Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan dosen-dosen pengajarnya? Langkah-langkah apa atau strategi apa yang digunakan SAE Indonesia sementara ini untuk mengatasi permasalahan diatas? Dan Bagaimana Strategi Pemenuhan kualifikasi pemenuhan SDM khususnya dosen-dosen vokasi di SAE Indonesia bidang Creative Media? Untuk itulah digunakan penentuan strategi dengan Analisa Matriks, Matriks Eksternal, Internal, PM,Space,Grand Strategy, Eksternal Internal dan QSPM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42174.pdf |
Uncontrolled Keywords: | HR Strategies. Analysis of Strategy. Creative Media, Strategi SDM. Analisis Strategi, Creative Afedia |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3 Personnel Management (Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen SDM |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 18 May 2017 03:50 |
Last Modified: | 18 May 2017 03:50 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6723 |
Actions (login required)
View Item |