Holidi, A. (2015) Pelayanan KTP-eL Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42139.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan publik merupakan pelayanan yang menjadi tanggungjawab pemerintah kepada warganya Salah satu jenis pelayanan publik yang merupakan kewajiban pemerintah dan memiliki peran strategis adalah pelayanan publik di bidang kependudukan dan catatan sipil. Pelayanan publik di bidang kependudukan mencakup pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian dan penggantian akta rusak. Namun terdapat persoalan menunjukkan adanya keluhan masyarakat dalam berurusan dengan pihak aparat, bahwa membuat KTP-el terkesan sulit, persyaratan yang diperlukan banyak, proses penyelesaian tidak tepat waktu, prosedur yang berbelitbelit, biaya administrasi yang tidak menentu, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, Untuk mengetahui kualitas pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kedua, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan KTP-el diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat Untuk merealisasikan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap para informan yang menjadi pemberi pelayanan KTP-el dan penerima pelayanan KTP-el, meneliti dokumen, peraturan, kebijakan, serta media lainnya yang berhubungan dengan pelayanan publik. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah baik,walaupun masih ada beberapa indikator yang belum maksimal dalam pelaksanaannya disebabkan: ketepatan waktu pelayanan, kemudahan dalam pengajuan permohonan dan kelengkapan administrasi, dan kesesuaian biaya pelayanan. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayananan KTP-el: struktur organsasi, kemampuan aparat dan sistem pelayanan. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka dapat direkomendasikan: Pertama, Upaya untuk mempercepat proses pelayanan KTP-el dengan meminimalisir masalah-masalah teknis. Kedua, Upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran akan bentuk pemberian pelayanan yang lebih baik. Dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan Ketiga, Perlunya kunjungan mobile dalam memberikan pelayanan KTP-eL kepada masyarakat khususnya dengan wilayah geografis kecamatan terjauh dari Kuala Tungkal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42139.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Service, Government, Society, Pelayanan, Pemerintahan, Masyarakat |
Subjects: | 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 03:58 |
Last Modified: | 22 Jun 2017 03:58 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6763 |
Actions (login required)
View Item |