Zolchatab, (2014) Pengaruh Reputasi Koperasi dan Kepercayaan Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guru Sekolah Dasar di Kota Tanjungpinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
42297.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Anggota Koperasi memiliki identitas ganda sebagai pemilik sekaligus anggota dan pengurus Koperasi. Meskipun demikian, penting bagi Koperasi untuk tetap berupaya mendapatkan loyalitas dari anggotanya dengan memperhatikan reputasi koperasi dan kepercayaan anggotanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana reputasi koperasi (Xl), dan kepercayaan anggota (X2) berpengaruh terhadap loyalitas anggota (Y) KPRI Guru Sekolah Dasar di Kota Tanjungpinang. Penelitian ini melibatkan 87 responden dengan metode non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban berdasarkan skala liker/ 1 - 5. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan sebelumnya melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik dengan menggunakan uji nonnalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Hasil pengujian hipotesis Uji t terhadap variabel reputasi sebesar 1,824 dengan tingkat signifikansi 0,072 (p > 0,05). Berarti memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas anggota koperasi. Terhadap variabel kepercayaan sebesar 2,741 dengan tingkat signifikansi 0,007 (p < 0,05). Berarti memiliki pengarnh yang signifikan terhadap loyalitas anggota koperasi. Hasil perhitungan R2 sebesar 0,297 atau 29,7% dengan nilai F sebesar 17,762 pada tingkat signifikansi 0,000 jauh dibawah 0,05. Hal ini membuktikan bahwa reputasi koperasi dan kepercayaan anggota secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas anggota KPRI Guru Sekolah Dasar di Kota Tanjungpinang. Oleh sebab itu, KPRIG-SD Kota Tanjungpinang perlu meningkatkan pelayanan kepada anggota dengan memperhatikan reputasi koperasi dan kepercayaan anggota serta faktor-faktor yang mempengarnhi loyalitas anggota untuk mempertahankan jumlah anggota koperasi khususnya jumlah anggota yang tergabung lebih besar dari pada jumlah anggota yang keluar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42297.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Job Satisfaction, Co-operative Reputation, member Trust, Member Loyalty, Kepuasan Kerja Pengurus, Reputasi Koperasi, Kepercayaan Anggota, Loyalitas Anggota |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.31422 Job Satisfaction (Kepuasan Kerja) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 02:30 |
Last Modified: | 21 May 2018 07:20 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6785 |
Actions (login required)
View Item |