Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara Periode BPJS Tahun 2016

Amir, Hapsah (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara Periode BPJS Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42517.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali dengan masih rendahnya capaian yang diperoleh melalui data-data berupa BOR (Bed Occupancy Rate) : 33 - 34%,masih adanya keluhan yang dilaporkan tentang pelayanan rawat inap serta adanya basil penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang menurun setiap tahunnya meskipun masih kategori baik. Padahal RSUD Kab. Nunukan dituntut untuk emberikan pelayanan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan rawat inap di RSUD Kab. Nunukan, faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan dan upaya-upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pelayanan rawat inap. Pelayanan rawat inap merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan selama 24 jam oleh tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit. Pelayanan rawat inap ini meliputi penerimaan pasien, pelayanan medik, pelayanan penunjang medik, pelayanan perawatan, pelayanan obat, pelayanan makanan dan pelayanan administrasi keuangan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan 25 informan pasien/keluarga rawat inap, petugas kesehatan dan manajemen RS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan rawat inap di RSUD Kab. Nunukan cukup baik, tetapi masih memerlukan perbaikan dari segi fisik, SDM, alur pelayanan, sarana dan prasarana. Kualitas pelayanan rawat inap akan lebih baik apabila pihak Rumah Sakit dalam perencanaan SDM, alat dan administrasi sesuai dengan kebutuhan, reward dan punishment diberlakukan secara adil dan merata, patient safety menjadi prioritas utama dalam layanan dan pengembangan SDM guna mendapat tenaga yang berkompeten dan berkualitas dibidangnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42517.pdf
Uncontrolled Keywords: The Quality of Service, Hospitalization,Kualitas Pelayanan, Rawat inap
Subjects: 300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.1068 Medical Service Management (Manajemen Layanan Kesehatan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 01 Aug 2017 02:58
Last Modified: 25 Sep 2018 06:48
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item