Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada SMK Negeri di Kabupaten Nunukan (Studi pada SMK Negeri 1 Nunukan)

Muhyiddin, (2016) Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada SMK Negeri di Kabupaten Nunukan (Studi pada SMK Negeri 1 Nunukan). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42334.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) sebagai pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2003 dan PP Nomor 19 Tahun 2005. Manajemen berbasis sekolah (MBS) pada SMK Negeri I Nunukan dimaksudkan memberi kewenangan kepada sekolah dalam mengeioia segaia sumber daya untuk mencapai visi misi sekolah dan tujuan pendidikan nasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada SMK Negeri 1 Nunukan dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada SMK Negeri 1 Nunukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan positivisme. Metode penelitian digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, penentuan sumber data dilakukan secara purposive, tehnik pengumpulan dengan triangulansi, analisis data bersifat induktif /kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa efektivitas manajemen berbasis sekolah (MBS) pada SMK Negeri I Nunukan dengan melihat empat faktor efektivitas. Faktor adaptasi sudah dilakukan walaupun belum sepenuhnya efektif. Faktor integrasi belum efektif dilakukan dan masih perlu peningkatan. Faktor motivasi sudah efektif dilakukan dengan semakin antusiasnya pendidik dan tenaga pendidikan terlibat dalam program kegiatan sekolah. Faktor produksi, secara kualitas belum efektif yang ditunjukkan dengan kurangnya lulusan SMK Negeri I Nunukan yang terserap lapangan kerja. Namun dari segi kuantitas lulusan mengalami perubahan setiap tahun sesuai jumlah peserta yang mengikuti ujian. Faktor pendukung efektivitas manajemen berbasis sekolah (MBS) pada SMK Negeri 1 Nunukan meliputi faktor pendukung berasal dari internal, yaitu: sumber daya manusia, sarana prasarana, kepemimpinan kepala sekolah, dan pendanaan. Faktor pendukung berasal dari eksternal, yaitu: dukungan komite sekolah,partisipasi orang tua, masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah. Sedangkan faktor penghambat meliputi: Kurang sosialisasi yang dilakukan, masih adanya pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memahami konsep dasar MBS, kurangnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sekolah, dan sebagian orang tua siswa yang belum mau terlibat dan kurang memperhatikan pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42334.pdf
Uncontrolled Keywords: effectiveness, School Based Management (SBM), Efektivitas, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.2 School Administration (Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:38
Last Modified: 19 Feb 2019 03:18
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6873

Actions (login required)

View Item View Item