Pengaruh Efektivitas Komunikasi Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Timor Tengah Selatan

Hasunah, (2016) Pengaruh Efektivitas Komunikasi Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42272.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kinerja guru mengajar dapat melalui peningkatan prilaku kepemimpinan kepala madrasah dan iklim organisasi sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas komunikasi kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diajukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara, ( 1) Efektivitas komunikasi kepala madrasah terhadap kinerja guru, (2) Iklim organisasi terhadap kinerja guru, (3) Efektivitas komunikasi kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan pendekatan deskriptif analitik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang jumlahnya 75 orang. Tehnik pengambilan sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan dari Isac Micahel , untuk jumlah populasi 75 orang dengan tingkat kesalahan 5% maka jumlah sampelnya 62 orang. Tehnik pengumpulan data melalui angket skala lima Likert. Tehnis analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, dan regresi linier berganda. Selanjutnya data yang terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Hasil dari temuan penelitian adalah pengaruh efektivitas komunikasi kepala madrasah mendapat mean 4,03, iklim organisasi mendapat mean 4, I 0, dan kinerja guru mendapat mean 4,23. Selanjutnya basil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) efektivitas komunikasi kepala madrasah tidak bertanda positif dan tidak signifikan (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan iklim organisasi terhadap kinerja guru di madrasah lbtidaiyah Kabupaten Timor Tengah Selatan, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efektivitas komunikasi kepala madrasah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru di madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42272.pdf
Uncontrolled Keywords: Headmaster's effectiveness communication, Organizational Climate,Teachers Performance, Efektivitas komunikasi kepala madrasah, lklim Organisasi, dan Kinerja guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 15 Aug 2017 06:59
Last Modified: 15 Aug 2017 06:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item View Item