Pengaruh Kecerdasan Spiritual Orangtua Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Peserta Didik SMPN 5 Kota Kupang

Bili, Seingo (2015) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Orangtua Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Peserta Didik SMPN 5 Kota Kupang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42543.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka memperoleb basil yang meyakinkan, penulis menggunakan instrumen angket dan wawancara. Ada 36 pertanyaan dalam bentuk pemyataan yang dibagikan kepada 126 orang responden sebagai sampel dari total populasi 1.276 orang siswa di SMP Negeri 5 Kota Kupang. Penentuan responden menggunakan metode acak kelas, yakni 4 kelas ( dari 39 kelas paralel) terpilih sebagai responden dengan jumlah siswa 126 orang. Selanjutnya hasil angket ini diolah menggunakan 3 alat uji, yakni: uji korelasional, uji linearitas, dan uji regresi ganda, dengan menggunakan bantuan program SPSS release 17.0. Dari proses pengolahan data dengan alat uj i seperti yang dikedepankan di atas, diperoleb hasil sebagai kesimpulan sebagai berikut: Pertama: Terdapat pengaruh positif dari Kecerdasan Spiritual Orangtua (X1) terhadap Peserta Didik (Y). Pengarub kecerdasan spiritual orangtua itu sebesar: 25, 7%. Dengan hasil yang ada, mau menegaskan babwa pembentukan karakter peserta didik dapat dipengarubi secara positif olehkecerdasan spiritual orangtua. Sedangkan sisanya 74,93% dipengaruhi oleb faktor lain.Dengan demikian Kecerdasan Spiritual Orang tua dapat digunakan sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkankualitas pembentukan karakter peserta didik. Kedua: Adanya pengaruh yang positif dari Keteladanan Guru (X2) terhadap pembentukan karakter peserta Didik (Y), dan kekuatan pengarub itu sebesar 16,45 %. Walau pengaruhnya tidak sebesar pengaruh kecerdasan spiritual orangtua, namun keteladanan guru tetap diandalkan sebagai media pembentukan karakter peserta didik, sedangkan 83,55% disebabkan oleb faktor yang lain. Ketiga: Adanya pengaruh yang positif dari kecerdasan spiritual Orangtua dan keteladanan Guru secara bersama-sama terbadap peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Kupang. Kontribusi pengarub dari kedua variabel ini sebesar 29,15%,sedangkan70,85% disebabkan oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42543.pdf
Uncontrolled Keywords: Influence, Spiritual Intelligence, Teachers' Exemplar, Student's Characteristics,Pengaruh, kecerdasan spiritual, keteladanan guru, dan karakter peserta didik.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155.25 Character Development (Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:09
Last Modified: 23 Aug 2017 03:09
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6892

Actions (login required)

View Item View Item