Hubungan Minat Belajar dan Status Ekonomi Orang Tua dengan Hasil UN MTs Al-Ikhlas Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Ajaran 2014/2015

Musyawarah, (2016) Hubungan Minat Belajar dan Status Ekonomi Orang Tua dengan Hasil UN MTs Al-Ikhlas Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42247.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui clan Menganalisis besar hubungan minat belajar dengan hasil UN MTs Al-Ikhlas SoE Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Ajaran 2014/2015, Mengetahui clan Menganalisis besar hubungan status ekonomi orang tua dengan hasil UN MTs Al-Ikhlas SoE Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Ajaran 2014/2015, dan Mengetahui dan Menganalisis besar hubungan minat belajar clan status ekonomi orang tua dengan hasil UN MTs Al-Ikhlas SoE Kabupaten Timor Tengah Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan kuantitatif mengunakan metode Deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Minat Belajar dan Status Ekonomi Orangtua dengan Hasil UN membentuk persamaan regresi ganda sebagai berikut: Y= 20,802 + 0,260 Xl + 0,569 X2 yang signifikan secara statistik. Dalam membentuk persamaan regresi linear berganda Kompetensi Minat Belajar Siswa memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 26,0 % sedangkan Status Ekonomi orantua memberikan sumbangan relatif dan sumbangan efektif sebesar 56,9 %. Secara bersama-sama Minat Belajar dan Status Ekonomi Orangtua memberikan sumbangan relatif 52,3 % dengan Hasil UN dalam membentuk regresi tinier antara variabel bebas denganvariabel terikat. Perhitungan dengan menggunakan rogram SPSS 16 menunjukan R square (R2)0,523 atau 52,3%. Nilai R square inilah yang selanjutnya dipakai dalam menentukan prediksi sumbangan efektif XI clan X2 terhadap Y. Dalam proses pembelajaran siswa selalu diarahkan pada prestasi belajar siswa yang positif yakin akan kemampuan mengatasi masalah, merasa setara dengan orang lain, menerima pujian tanpa rasa malu, menyadari bahwa setiap orang mempunyai berbagai perasaan, keinginan dan perilaku yang tidak seluruhnya disetujui masyarakat,mampu memperbaiki dirinya karena ia sanggup mengungkapkan aspek-aspek pembelajaran yang tidak pas dan berusaha mengubahnya, yang pada akhimya tercermin seorang siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik. Y= 20,802 + 0,260 Xl + 0,569 X2. Persamaan regresi di atas menunjukan bahwa setiap terjadi kenaikan Xl sebesar 0,260 dan X2 sebesar 0,569 akan mempengaruhi terjadinya kenaikan pada variabel Hasil UN (Y). Dengan dernikian minat belajar dan status ekonomi oang tua sangat signifikan dengan Hasil Ujian Nasional MTs Al-Ikhlas Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42247.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning, Interests, Economic Status of Parents, the National Exam,Belajar, Minat, Status Ekonomi Orang Tua, Ujian Nasional.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.07 Education, Research of Management (Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:57
Last Modified: 25 Feb 2019 04:51
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item