Analisis Pengaruh Insentif dan Produktivitas Marketer pada Kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat

Mardalela, Dewi (2014) Analisis Pengaruh Insentif dan Produktivitas Marketer pada Kinerja Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42688.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kinerja di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan .kepentingan semua pihak terkait, baik bagi pemilik, pengurus maupun pengguna jasa bank, hal tersebut dikarenakan fungsi bank sebagai lembaga mediasi antara simpanan dana pihak ke III dan penyaluran dana. Untuk meningkatkan kinerja Bank pembiayaan Rakyat Syariah dan Bank Perkreditan Rakyat, tentunya harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang memiliki produktivitas yang tinggi, terutama marketer yang mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai penyalur dana atau pinjaman. Produktivitas marketer,dalam suatu lingkungan kerja sangat dipengaruhi oleh faktor yang bersifat materi maupun non materi. Penyebab yang bersifat materi, misalnya berhubungan dengan penetapan upah ataupun insentif, pemberian insentif merupakan bagian yang menarik, karena insentif akan diberikan kepada marketer yang mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan, maka peneliti tertarik untuk menganalisis pengaruh insentif dan produktivitas marketer pada kinerja BPRS dan BPR. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengana1isis pengaruh insentif dan produktivitas marketer pada kinerja perusahaan di BPRS Cempaka dan BPR Makmur. Desain penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kasualitas. Populasi yang menjadi pengmnatan ndnlah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan mikro, yaitu BPRS dan BPR yang berada di Jakarta Selatan dan Kabupaten Tanggerang, dan penentuan jumlah sampel dilakukan atas dasar purposive sampling. Metode peneiitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan beberapa tahap dalam melakukan analisis data time series,yaitu uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji stasioneritas, uji model koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan pada BPRS Cempaka, tidak terdapat pengaruh secara signifikan insentif pada kinerja perusahaan, dengan koefiesien determinasi 8,4 % dan koefisien regresi 25, dan tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara produktivitas marketer pada kinerja perusahaan, dengan koefisien determinasi 5,6 % dan koefisien regresi 0,0265. Hasil penelitian pada BPR Makmur, tidak terdapat pengaruh secara signifikan insentif pada kinerja perusahaan dengan koefisien determrf1a5ii 6,3 %, dan koefisien regresi 72. Terdapat pengaruh secara signifikan produktivitas marketer pada kinerja perusahaan dengan koefisien determinasi 21,56 % dan koefisien regresi 1,6

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42688.pdf
Uncontrolled Keywords: Incentive, Marketer Productivity, Performance Company, Insentif, Produktivitas Marketer dan Kinerja Perusahaan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:32
Last Modified: 27 Sep 2017 04:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item