Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Sustainability Institusi Pendidikan [Studi Kasus Sistem Manajemen Pendidikan di Persekolahan Katolik Nyarumkop Yayasan Perguruan Masyarakat Kalimantan Barat (PKN-YPMKB) Kota Singkawang]

Irianto, Petrus Sukoco (2014) Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Sustainability Institusi Pendidikan [Studi Kasus Sistem Manajemen Pendidikan di Persekolahan Katolik Nyarumkop Yayasan Perguruan Masyarakat Kalimantan Barat (PKN-YPMKB) Kota Singkawang]. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42746.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh implementasi standar pengelolaan pendidikan dan kualitas pelayanan pendidikan terhadap sustainability institusi pendidikan PKN-YPMKB. Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan belum sepenuhnya diimplementasikan di unit-unit sekolah PKN-YPMKB, dan kualitas pelayanan pendidikan di PKN-YPMKB belum sesuai harapan stakeholder, sedangkan ekspektasi terhadap sustainability institusi pendidikan PKN-YPMKB tinggi. Guna memenuhi harapan stakeholder terhadap sustainability institusi pendidikan PKN-YPMKB diperlukan keunggulan bersaing berkelanjutan (sustainable competitive advantage). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk menganalisis berbagai fenomena yang terjadi dalam implementasi standar pengelolaan pendidikan dan kualitas pelayanan pendidikan, serta pengaruhnya terhadap sustainability institusi pendidikan PKN-YPMKB. Data primer kuantitatif tentang implementasi standar pengelolaan pendidikan, kualitas pelayanan pendidikan, dan sustainability institusi pendidikan PKN-YPMKB diperoleh melalui hasil survei dengan instrumen kuesioner. Kuesioner disampaikan kepada responden yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan. Data primer dilengkapi data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen baik yang tersimpan di Sekretariat PKNYPMKB maupun di unit-unit sekolah. Untuk memperkuat data, dalam penelitian ini juga dilakukan wawancara sebagai langkah konfirmasi data. Analisis hipotesis dilakukan dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ditemukan pengaruh positif dan signifikan impiementasi standar pengelolaan pendidikan terhadap kualitas pelayanan pendidikan. Tidak ditemukan pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan pendidikan terhadap sustainability institusi pendidikan. Tidak ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan implementasi standar pengelolaan pendidikan terhadap sustainability institusi pendidikan. Dengan demikian untuk menjamin institusi pendidikan PKNYPMKB yang sustainable tidak hanya diperlukan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tetapi mesti ditemukan variabel lain. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan antara lain dilakukan dengan mengimplementasikan standar pengelolaan pendidikan dan standar nasional pendidikan dalam lingkup yang lebih luas. Dalam hal ini institusi pendidikan PKN-YPMKB seyogyanya memiliki sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing berkelanjutan sehingga PKN-YPMKB mampu menempatkan diri dalam posisi bersaing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42746.pdf
Uncontrolled Keywords: education management standards, quality of educational services,sustainability of education institutions, standar pengelolaan pendidikan, kualitas pelayanan pendidikan, sustainability institusi pendidikan.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658 General Management (Manajemen Umum)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:20
Last Modified: 14 Oct 2018 03:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item