Hutasoit, Leonard Raden (2017) Hubungan Sikap Evaluatif Pada Tutorial Online Dan Self-Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Terbuka. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
42880.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap evaluatif pada tutorial online dan self regulated learning mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Terbuka. Penelitian dilaksanakan di Universitas Terbuka dengan subyek mahasiswa Pendidikan Biologi yang mengikuti tutorial online Anatomi dan Fisiologi Manusia. Penelitian menggunakan metode survey pendekatan kuantitatif teknik korelasional. Masalah penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) ? (3) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi mahasiswa (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,000<0,05; 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,168>0,05; 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, nilai dengan tingkat probabilitas 0,002<0,05. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia dapat dipengaruhi secara kuat oleh sikap evaluatif pada tutorial online dan secara lemah oleh self regulated learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 42880.pdf |
Uncontrolled Keywords: | evaluative attitude on online tutorials, self-regulated learning, learning Result, sikap evaluatif pada tutorial, tutorial online, self regulated learning,hasil belajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh) |
Divisions: | Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 03:54 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 03:54 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7004 |
Actions (login required)
View Item |