Hubungan Sikap Evaluatif Pada Tutorial Online Dan Self-Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Terbuka

Hutasoit, Leonard Raden (2017) Hubungan Sikap Evaluatif Pada Tutorial Online Dan Self-Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Terbuka. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
42880.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan sikap evaluatif pada tutorial online dan self regulated learning mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Terbuka. Penelitian dilaksanakan di Universitas Terbuka dengan subyek mahasiswa Pendidikan Biologi yang mengikuti tutorial online Anatomi dan Fisiologi Manusia. Penelitian menggunakan metode survey pendekatan kuantitatif teknik korelasional. Masalah penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) ? (3) apakah terdapat hubungan positif antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia? Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi mahasiswa (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,000<0,05; 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self regulated learning (X2) dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, probabilitas signifikansi 0,168>0,05; 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap evaluatif pada tutorial online (X1) dan self regulated learning (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia (Y) dengan taraf signifikansi α=0,05, nilai dengan tingkat probabilitas 0,002<0,05. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa hasil belajar Anatomi dan Fisiologi Manusia dapat dipengaruhi secara kuat oleh sikap evaluatif pada tutorial online dan secara lemah oleh self regulated learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42880.pdf
Uncontrolled Keywords: evaluative attitude on online tutorials, self-regulated learning, learning Result, sikap evaluatif pada tutorial, tutorial online, self regulated learning,hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Tesis - Karya Dosen UT
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:54
Last Modified: 25 Oct 2017 03:54
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7004

Actions (login required)

View Item View Item