Pengaruh Media Komputer Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sukamara

Candra, Adi (2015) Pengaruh Media Komputer Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sukamara. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41790.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media komputer berbasis masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa. Instrumen berbentuk posttest berupa soal tes uraian sebanyak 4 butir soal sebagai alat untuk mengukur prestasi belajar matematika 46 siswa dari kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 SMA Negeri 1 Sukamara yang berlokasi di Jl. Iskandar Kelurahan Mendawai Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Pengumpulan data dilaksanakan selama 3 Minggu yaitu mulai 23 Maret sampai dengan 4 April 2015. Variabel yang digunakan adalah pengaruh media komputer sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar matematika siswa sebagai variabel terikat (Y). Data dianalisis menggunakan (minitab 16.2.4) uji Normalitas KolmogorovSmirnov, uji varians dua jalan sel tak sama dan uji-t dua sampel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media komputer berpangaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa, yaitu untuk DF1 = 23 dan DF2 = 21 nilai PValue= 0,942 kurang dari Ftab = 2,03 dan taraf signifikan 5% (a = 0,05). Sedangkan dari uji-t dua sampel dengan taraf signifikan 5% diperoleh rerata skor posttest 19,05 dan untuk DF = 44 nilai P-Value = 0,008 kurang dari t1ab = 1 ,680. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media komputer berbasis masalah dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa daripada pembelajaran tanpa media komputer. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rerata skor posttest kelas eksprimen sebesar 19,05 dan kelas kontrol sebesar 15,38 serta kemampuan kelas eksprimen yang mendapatkan skor sempurna (maksimal = 24) sebanyak 6 orang atau 27 % dari 22 jumlah siswanya, sementara kelas kontrol tidak ada siswa (0 %) yang dapat mencapai skor sempurna tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41790.pdf
Uncontrolled Keywords: computer media, problem based learning, learning achievement, Media Komputer, Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.238 Upper Level Secondary School (Sekolah Menengah Atas, SMA)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:45
Last Modified: 19 Sep 2018 02:46
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item