Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Dan Kinerja Pengajar Terhadap Loyalitas Peserta Didik, Studi Terhadap Sekolah Musik Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB)

Andino, Alto Kumolo (2014) Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Dan Kinerja Pengajar Terhadap Loyalitas Peserta Didik, Studi Terhadap Sekolah Musik Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42687.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jenis usaha bidang jasa menjadi salah satu tujuan investasi bagi para investor, dengan pertumbuhan industri di bidang ini cukup tinggi yang memancing para investor banyak berinvestasi di usaha bidang ini. Salah satu industri jasa adalah bidang jasa pendidikan non-formal khususnya pada penelitian ini industri pendidikan musik. Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh strategi bauran pemasaran jasa dan kinerja pengajar pada sekolah tersebut terhadap tingkat loyalitas peserta didik di sekolah musik GRSB. Besar kecilnya pengaruh dari bauran pemasaran jasa dan kinerja pengajar terhadap loyalitas pada penelitian ini bertujuan sebagai masukan bagi para pengusaha dan investor yang akan melakukan investasi di bidang ini, sehingga ke depan para pelaku bisnis dapat menerapkan strategi bauran pemasaran jasa yang tepat dan kinerja pengajar yang baik untuk meningkatkan loyalitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan sifat kuantitatif karena meneliti mengenai "pengaruh" serta dilakukan suatu penyebaran kuesioner yang diharapkan hasil regresi dari isian responden yang di uji statistik sehingga dapat menjawab hipotesis pada penelitian ini yaitu; 1. Unsur-unsur bauran pemasaran jasa (4p + 3p) berpengaruh positif terhadap loyalitas peserta didik. 2. Kinerja pengajar berpengaruh positif terbadap loyalitas peserta didik di sekolah musik GRSB dan 3. Bauran pemasaran jasa dan kinerja pengajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas peserta didik di sekolah musik GRSB. Pada hipotesis 1, dibagi menjadi 7 unsur bauran pemasaran jasa menjadi hipotesis la, lb sampai dengan lg. Populasi pada penelitian ini adalab para orang tua murid di sekolah musik GRSB, dengan jumlah sampel 70 responden (rumus slovin). Hasil sampel para responden kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan teknik loading factor dan Kellen Meyer Olkin (KMO) serta penilaian cronbach alpha bagi uji reliabilitas. Kemudian terbadap indikator yang telah valid dan reliabel dilakukan sebuah teknik pengujian regresi linear terhadap variabel independen terhadap variabel dependennya (dalam hal ini loyalitas peserta didik). Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada 7 unsur bauran pemasaran jasa yaitu product, price, place, promotion, people, process dan costumer service masing-masing terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas peserta didik. Khusus kepada unsur place menunjukkan pengaruh yang tidak terlalu signifikan atau dapat dikatakan unsur yang paling lemah memberikan kontribusi positif terhadap loyalitas peserta didik. Pada variabel kinerja pengajar, berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik, begitu pula apabila variabel bauran pemasaran jasa dan kinerja pengajar secara bersama-sama menghasilkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terhadap unsur-unsur bauran pemasaran jasa terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas peserta didik, apabila unsur-unsur bauran pemasaran jasa ditingkatkan maka dapat meningkatkan tingkat loyalitas peserta didik. Begitu pula dengan kinerja pengajar, semakin ditingkatkan kinerja pengajar pada sekolah musik GRSB maka meningkat pula loyalitas para peserta didik di sekolah musik tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42687.pdf
Uncontrolled Keywords: Marketing mix strategies, Music instructor performance, Influencing the student loyalty, GRSB music school, Extended marketing mix,Pengaruh strategi bauran pemasaran jasa, pengarub kinerja pengajar, loyalitas peserta didik, sekolah musik Gilang Ramadhan Studio Band, GRSB, 4p + 3p.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:50
Last Modified: 25 Sep 2018 03:01
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item View Item