Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Tangerang

Kaswoto SM, Junet (2012) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Tangerang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
40869.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, pada tahun 2010 penganut Islam di Indonesia sekitar 205 juta jiwa atau sekitar 88,1 persen dari jumlah penduduk. Sejak kebangkitan Islam di seluruh dunia yang dimulai pada tahun 1970an busana muslim menjadi populer di Indonesia, hal tersebut membuat industri pakaian jadi yang di dalamnya termasuk busana muslim berkembang pesat, jauh di atas fashion konvensional (Euis Saedah, Juli 2012). Salah satu daerah di Indonesia yang mengalami perkembangan usaha di sektor industri maupun perdagangan busana muslim adalah Tangerang, karena letak demografinya dekat dengan Jakarta dan salah satunya didukung populasi penduduknya yang 88,3% muslim (BPS Propinsi Banten, 2011). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dan dilakukan untuk menjawab tiga pertanyaan utama yaitu: (1) Mencari jawaban apakah strategi bauran pemasaran mempengaruhi pembelian busana muslim di Tangerang. (2) Untuk mengetahui faktor yang paling besar memberikan pengaruh sehingga orang membeli busanamuslim di Tangerang. Subyek penelitian adalah para konsumen busanamuslim di Tangerang, Sampel data yang dipergunakan dalam penelitian ini diambil dari masyarakat pekerja kantor, pendidik, maupun ibu rumah tangga di Tangerang dengan cara menyebar kuesioner di Daerah KabupatenTangerang, Tangerangkota, dan Tangerang Selatan, dari tanggal 1 Oktober 2012 sampaidengan 5 Nopember 2012. Analisis hipotesis dilakukan dengan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.70 Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi bauran pemasaranya itu variabelt empat (place) terhadap keputusan pembelian busana muslim di Tangerang yaitu dengan nilai-t = 2,16. Sebagai kesimpulan, penelitian ini membuktikan bahwa ternyata tidak semua strategi bauran pemasaran (marketing mix) berpengaruh terhadap pembelian busana muslim di Tangerang, dari variabel strategi bauran-pemasaran 4-P tersebut ternyata hanya variabel tempat (place) saja yang mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian busana muslim di Tangerang. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada faktor lain selain strategi bauran pemasaran yang mempengaruhi konsumen terhadap pengambilan keputusan membeli busana muslim di Tangerang misalnya seperti faktor pemenuhan kebutuhan untuk berpenampilan syar'i (berbusana sesuai ketentuan agama) serta faktor psikologis (motif membeli bersifat emosional) dimana pembeli mempunyai keinginan tertentu dan baru akan membeli suatu produk apabila kepadanya disodorkan atau ditawarkan produk yang di jual tersebut dalam hal ini busana muslim.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 40869.pdf
Uncontrolled Keywords: pengaruh strategi bauran pemasaran, keputusan pembelian, busana muslim, 4p, perkembangan usaha busana muslim di indonesia, effect of marketing mix strategy, purchasing decisions, moslem, 4p, business development moslem in indonesia
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.81 Sales Management (Manajemen Pemasaran)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.839598 Market Research in Indonesia (Riset Penelitian Pemasaran di Indonesia)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:50
Last Modified: 14 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item