Teori Belajar Konstruktivistik Dalam Aktivitas Pembelajaran

Pribadi, Benny Agus (2016) Teori Belajar Konstruktivistik Dalam Aktivitas Pembelajaran. In: Penguatan profesionalitas guru dalam menjawab tantangan abad-21. Universitas Terbuka, Tangerang selatan, pp. 75-86. ISBN 9786023920990

[img]
Preview
Text
BS0003-21.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar pada haketnya merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Dari pandangan ini lahir teori belajar Konstruktivistik, yang meyakini bahwa manusia pada dasarnya merupakan konstruktor ilmu pengetahuan. Menurut pakar teori belajar konstruktivistik pembentukan atau konstruksi pengetahuan berlangsung pada saat seseorang melakukan interaksi secara intensif dengan sumber-sumber pembelajaran. Beragam sumber pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk menyerap pengetahuan yang akan dibangun. beberapa rasional yang melatarbelakangi penggunaan pendekatan konstruktivistik dalam proses pembelajaran yaitu: (1) Semua pengetahuan dan hasil belajar merupakan proses konstruksi individu; {2) Pengetahuan merupakan konstruksi peristiwa yang dialami dari berbagai sudut pandang atau perspektif; (3) Proses be/ajar horus berlangsung dalam konteks yang relevan; (4) Be/ajar dapat terjadi melalui media pembelajaran; (5) Belajar merupakan dialog sosial yang bersifat inheren; (6) Siswa yang belajar memiliki ragam latar belakang yang multidimensional; (7)Memahami pengetahuan yang dipelajari merupakan pencapaian utama manusia. Artikel ini akan mengupas tentang apa dan bagaimana teori belajar konstruktivistik dan implementasinya dalam aktivitas belajar dan pembelajaran.

Item Type: Book Section
Additional Information (ID): BS0003-21.pdf
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas guru,teori belajar,konstruktivistik,pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Apr 2018 09:48
Last Modified: 27 Aug 2021 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item View Item