Proposisi Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang Hukum Newton (Analisis Proposisi tentang Gaya, Massa, Gerak Objek, Gaya Gesek, dan Hukum Newton)

Sukmayadi, Dodi and Mujadi, (2017) Proposisi Mahasiswa Pendidikan Fisika tentang Hukum Newton (Analisis Proposisi tentang Gaya, Massa, Gerak Objek, Gaya Gesek, dan Hukum Newton). In: Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2017, 12 October 2017, Universitas Terbuka Convention Center.

[img]
Preview
Text
15. Titi Nur Rahayu, Shofia Hanifa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://www.ut.ac.id/

Abstract

Pengertian atau penguasaan konsep fisika dalam pelajaran pendidikan fisika baik pada siswa maupun para gurunya banyak yang masih mengalami pemahaman konsep dengan tidak akurat, salah, atau beda dengan yang seharusnya. Pun hubungan antara konsep dan penerapannya juga banyak yang bermasalah. Makalah ini membahas secara konseptual hasil penelitian tentang kesulitan dalam menguasai konsep gerak hukum Newton, massa, dan gerak benda. Beberapa pertanyaan diajukan kepada responden. Responden adalah mahasiswa sarjana pendidikan Fisika Universitas Terbuka yang telah mengikuti mata kuliah Fisika Dasar 1 dan Dasar Fisika 2. Kedua mata kuliah tersebut mengajarkan tentang dasar-dasar unit dan pengukuran, gerak dan gaya, gaya dan gesekkan, dan hukum Newton. Pertanyaan dalam bentuk kuesioner untuk kemudian ditindaklanjuti dengan wawancara. Beragam respon dari responden disajikan untuk dirumuskan dalam proposisi yang pada akhirnya ditarik dalam kesimpulan tentang pemahaman responden terhadap gerak dan gaya, gaya gesekan, dan hukum Newton.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: konsep; proposisi, hukum Newton, gerak benda, kesalahpahaman
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 530-539 Physics (Fisika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Seminar Nasional FMIPA-UT 2017
Depositing User: David NP
Date Deposited: 27 Apr 2018 04:00
Last Modified: 25 Feb 2019 09:10
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item