Peran Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI dalam Pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Era, Nefida (2016) Peran Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X dan XI dalam Pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42906.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) peran kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. (2) Peran kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. (3) Upaya-upaya meningkatkan kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian rm adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi dan teknik wawancara terhadap Key Jnforman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I)Peran kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa lnggris di SMA Negeri I Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, umumnya sudah memenuhi kriteria sebagai guru profesional. Namun,ada satu dimensi kompetensi profesional yang belum maksimal terpenuhi, yaitu dimensi ke-10 tentang pelaksanaan penelitian dan berpikir ilmiah. (2) Peran kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, umumnya juga sudah memenuhi kriteria sebagai guru profesional. Namun, masih ada dimensi yang belum maksimal terpenuhi, yaitu dimensi ke-9 dan ke-10, tentang penggunaan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan serta melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Walaupun kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru tersebut umumnya sudah berperan, namun dimensi kompetensi profesional yang ke-10 dan kompetensi pedagogik ke-9 dan ke-10, perlu lebih ditingkatkan,agar prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat. (3) Perlu upaya-upaya untuk meningkatkan peran kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, seperti melakukan penelitian, terutama penelitian tindakan kelas (PTK), pelatihan-pelatihan, penataran, dan seminar. Melalui upaya-upaya peningkatan peran kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru tersebut, diharapkan juga prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42906.pdf
Uncontrolled Keywords: Professional Competence, pedagogic competence, learning Achievement, Kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, prestasi belajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:57
Last Modified: 26 Jun 2018 03:57
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7372

Actions (login required)

View Item View Item