Iriyani, Dwi (2008) Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Didaktika, 02 (02). p. 285. ISSN 1907 - 6746
|
Text
Didaktika Vol. 2 No. 2 Maret 2008.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perkembangan pemahaman kepala sekolah tentang teknik supervisi klinis; 2) Mengembangkan teknik supervisi klinis; 3) Mengembangkan keterampilan dasar mengajar; dan 4) Mengetahui perkembangan persepsi guru terhadap supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan tiga orang guru yang keterampilan dasar mengajarnya lemah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada studi awal pemahaman kepala sekolah terhadap supervisi klinis kurang baik, setelah penelitian berkembang menjadi sangat baik dan mampu melaksanakan supervisi klinis secara tepat, sehingga kesulitan dalam menggunakan keterampilan dasar mengajar dapat diperbaiki.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information (ID): | 18/L0047 |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi klinis, keterampilan dasar mengajar |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru) |
Divisions: | Koleksi Digital > Artikel |
Depositing User: | S.T. Septian Dwi Cahyo |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 02:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 08:53 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7398 |
Actions (login required)
View Item |