Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Iriyani, Dwi (2008) Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Didaktika, 02 (02). p. 285. ISSN 1907 - 6746

[img]
Preview
Text
Didaktika Vol. 2 No. 2 Maret 2008.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perkembangan pemahaman kepala sekolah tentang teknik supervisi klinis; 2) Mengembangkan teknik supervisi klinis; 3) Mengembangkan keterampilan dasar mengajar; dan 4) Mengetahui perkembangan persepsi guru terhadap supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan tiga orang guru yang keterampilan dasar mengajarnya lemah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada studi awal pemahaman kepala sekolah terhadap supervisi klinis kurang baik, setelah penelitian berkembang menjadi sangat baik dan mampu melaksanakan supervisi klinis secara tepat, sehingga kesulitan dalam menggunakan keterampilan dasar mengajar dapat diperbaiki.

Item Type: Article
Additional Information (ID): 18/L0047
Uncontrolled Keywords: Supervisi klinis, keterampilan dasar mengajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher (Kualifikasi dan Profesionalitas Guru)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel
Depositing User: S.T. Septian Dwi Cahyo
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:44
Last Modified: 01 Oct 2018 08:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item