Pengaruh Tutorial Online Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa

Rinda, Noviyanti (2008) Pengaruh Tutorial Online Terhadap Nilai Akhir Mahasiswa. In: Seminar Nasional FMIPA-UT 2008, 29 November 2008, UTCC. (Submitted)

[img]
Preview
Text
L0056-18.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (105kB) | Preview

Abstract

Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ), maka salah satu karakteristik dari Universitas Terbuka (UT) adalah adanya keterpisahan secara fisik antara mahasiswa dengan pengajar. Untuk mengakomodasi kondisi tersebut maka UT menawarkan berbagai macam layanan bantuan belajar bagi mahasiswa sebagai komplemen dari tuntutan belajar mandiri. Layanan bantuan belajar itu sendiri diberikan dalam rangka membantu mahasiswa memahami dan mendalami materi mata kuliah serta membantu mahasiswa dalam mengelola belajarnya. Layanan bantuan belajar yang disediakan oleh UT bertujuan untuk menjembatani interaksi mahasiswa dengan materi bahan ajar, dan interaksi mahasiswa dengan pengajar melalui berbagai macam tutorial. Salah satu tutorial yang disediakan adalah tutorial online (tuton). Khusus untuk mahasiswa pascasarjana, tutorial ini wajib diikuti. Kegiatan tuton selama satu semester terdiri dari 8 inisiasi dan 8 diskusi yang diberikan setiap minggu oleh tutor, sedangkan 3 tugas diberikan pada minggu ke 2, 4, dan 6. Diskusi dapat dilakukan antar mahasiswa, maupun mahasiswa dengan tutor, sedangkan tugas dikerjakan oleh mahasiswa dan dikoreksi oleh tutor tatap muka. Nilai akhir mahasiswa terdiri dari nilai ujian akhir semester (UAS), tutorial tatap muka (TTM), dan tuton. Kontribusi masing-masing nilai UAS, TTM dan tuton terhadap nilai akhir adalah sebesar 40%, 50% dan 10%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara diskriptif kualitatif pada mata kuliah Manajemen Sumberdaya Perikanan (MMPI5102) terhadap 23 mahasiswa magister manajemen perikanan (MMP) UPBJJ Jakarta masa registrasi 2008.1, didapatkan bahwa nilai tuton berpengaruh terhadap nilai akhir mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): L0056-18.pdf
Uncontrolled Keywords: PTJJ, Tuton, Nilai akhir
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 374.4 Distance Education (Pendidikan Jarak Jauh)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 378.175 Distance Education (pendidikan jarak jauh)
Divisions: Koleksi Digital > Artikel Pendidikan Terbuka Jarak Jauh
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:12
Last Modified: 11 May 2020 04:03
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7409

Actions (login required)

View Item View Item