Analisis Efektifitas Kegiatan MGMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Kelompok Mata Pelajaran IPS di SMA Kabupaten Pasaman

Gustin, Ferry (2016) Analisis Efektifitas Kegiatan MGMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Kelompok Mata Pelajaran IPS di SMA Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
cvr42931.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana efektifitas kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kelompok Mata Pelajaran IPS di SMA Kabupaten Pasaman dalam mencapai tujuannya, dan sejauh mana pengetahuan yang diperoleh guru kelompok Mata Pelajaran IPS SMA pada kegiatan MGMP dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan oleh MGMP kelompok Mata Pelajaran IPS SMA yaitu MGMP Ekonomi, MGMP Geografi, dan MGMP Sosiologi di Kabupaten Pasaman. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara,observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 12 orang terdiri 3 orang ketua masing-masing MGMP dan 9 orang anggota MGMP yakni 3 orang anggota MGMP Geografi, 3 orang anggota MGMP Ekonomi dan 3 orang anggota MGMP Sosiologi. Program kegiatan MGMP terkait dengan peningkatan kompetensi profesionalisme guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Kegiatan MGMP menurut semua informan sangat bermanfaat, karena guru berlatih membuat perangkat pembelajaran, pendalaman dan penguasaan materi pembelajaran,praktik mengajar (peer teaching), strategi dan metode pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, dan berlatih pengembangan profesi berkelanjutan yaitu melaksanakan PTK dan karya inovatif. Hasil kegiatan MGMP para guru sudah memiliki perangkat pembelajaran yang sama dan disesuaikan pelaksanaannya dengan kondisi sekolah masing-masing, soal ujian dan pelaksanaan ujian bersama dan serentak seperti ujian semester, ujian kenaikan kelas, try out ujian nasional, dan Ujian Akhir Sekolah untuk tingkat Kabupaten Pasaman. Kendala yang dihadapi MGMP kelompok Mata Pelajaran IPS di SMA Kabupaten Pasaman antara lain adalah tempat kegiatan MGMP yang tidak tetap sehingga pelaksanaan memulai kegiatan tidak tepat waktu. Namun kendala ini tidak menghalangi untuk pelaksanaan kegiatan masing-masing kelompok MGMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42931.pdf
Uncontrolled Keywords: MGMP Effectiveness, In Improving High School Social, Teacher's,Profesionalism Competency, Efektifitas MGMP, Kelompok Mata Pelajaran IPS SMA,Kompetensi Profesionalisme Guru
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: AD Administrator
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:17
Last Modified: 04 Oct 2018 10:35
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7447

Actions (login required)

View Item View Item