Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Mata Pelajaran Matematika SMP

Latief, Abdul (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dengan Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43111.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menjelaskan proses pengembangan dan implementasi model untuk mengajar matematika yang mengintegrasikan pembelajaran kooperatif, think-pair-share dan penemuan terbimbing. Proses pengembangan menggunakan model plomp yang terdiri dari 5 tahap yaitu : investigasi, desain, realisasi, tes-evaluasi-revisi, serta implementasi. Validasi model dilakukan dengan menghitung rataan penilaian ahli dan guru praktisi, sedangkan keefektifan model dengan memanfaatkan basil tes individu siswa. Model terbukti valid, praktis, dan efektif dengan terpenuhinya syarat langkah-langkah pembelajaran dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43111.pdf
Uncontrolled Keywords: think-pair-share, penemuan terbimbing (gujded discovery), model Plomp, think-pair-share, guided discovery, Plomp model
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 03:38
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7526

Actions (login required)

View Item View Item