Kontribusi Iklim Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman

Murni, Rasna (2016) Kontribusi Iklim Komunikasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42908.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan terbatas diperoleh gambaran masalah kompetensi profesional guru kurang mendapat perhatian, baik perhatian dari teman sejawat, kepala sekolah, maupun pengawas sekolah. Hasil pembicaraan dengan pengawas sekolah juga mengindikasikan bahwa guru umumnya belum menunjukkan kompetensi profesional yang baik. Hasil supervisi pengawas sekolah juga menunjukkan bahwa para guru belum menunjukkan perilaku mengajar yang diharapkan. Masih banyak guru yang terlambat, tidak masuk tanpa alasan yang jelas, penggunaan strategi yang monoton, kurang mau mengembangkan diri, dan sebagainya. Fenomena ini diduga berkaitan dengan beberapa faktor, misalnya iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi faktor iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) iklim komunikasi berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; 2) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru; dan 3) iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kompetensi profesional guru. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman dengan jumlah sampel 62 orang. Data iklim komunikasi, kepernimpinan kepala sekolah, dan kompetensi profesional guru dikumpulkan dengan angket model skala Liker/. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan telah teruji pada taraf signifikansi p < a=0,05 (taraf kepercayaan 95% ). Variabel ikl im komunikasi berkontribusi sebesar 15 ,8°/o terhadap kompetensi profesional guru dan variabel kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar 12,6~·o terhadap kompetensi profesional guru. Secara bersama-sama, kontribusi iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru adalah 16,2%. Simpulan penelitian ini adalah iklim komunikasi dan kepemimpinan kepala sekolah merupakan dua variabel, di samping variabel lain, yang perlu diperhatikan dengan baik untuk rneningkatkan kompetensi profesional guru SMA Negeri di Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42908.pdf
Uncontrolled Keywords: iklim kornunikasi, kepernimpinan kepala sekolah, kompetensi profesional guru, communication climate, headmaster leadership, teacher professional competence
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication (Komunikasi)
300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:31
Last Modified: 12 Nov 2018 07:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7553

Actions (login required)

View Item View Item