Pelaksanaan Kepemimpinan Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang

Balu, Lunsa (2009) Pelaksanaan Kepemimpinan Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41242.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat disiplin pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, mengetahui faktor pendukung (faktor kepemimpinan) dan kinerja pegawai. Variabel yang akan di teliti pada penelitian ini adalah disiplin kerja, kepemimpinan dan kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Variabel kepemimpinan pada penelitian ini terdiri dari pengaruh, motivasi, pengambilan keputusan dan informasi. Variabel disiplin kerja pada penelitian ini terdiri dari disiplin preventif, disiplin korektif dan disiplin progresif Sedangkan variabel kinerja pegawai dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel. Pertama adalah proses pelaksanaan atau cara melakukan pekerjaan dan yang kedua adalah hasil dari pekerjaan tersebut. Proses atau cara melakukan pekerjaan terdiri dari langkah-langkah dan prosedur kerja, ketepatan dan efektifitas kerja serta kecepatan dan responsivitas kerja. Sedangkan hasil dari pekerjaan dilihat dari kualitas kerja dan kuantitas kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seluruh pimpinan dan pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisa data penelitian menunjukan bahwa disiplin kerja telah berlangsung dengan baik, demikian juga kepemimpinan dan kinerja pegawai. Temuan ini menunjukan bahwa telah tergambar secara meyakinkan adanya hubungan yang positif antara disiplin kerja, kepemimpinan dan kinerja pegawai. Namun perlu diwaspadai bahwa hubungan seperti itu bisa berubah sewaktu-waktu, karena pengaruh lingkungan eksternal atau munculnya pengaruh variabel-variabelain di luar disiplin. Dengan demikian pimpinan harus menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan tingkat disiplin yang sudah tercapai, disamping itu melakukan strategi untuk menanggulangi munculnya variabel lain di luar disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 41242.pdf
Uncontrolled Keywords: work discipline, leadership, staff performance, disiplin kerja, kepemimpinan, kinerja pegawai
Subjects: 300 Social Science > 300-309 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303.34 Leadership (Kepemimpinan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:24
Last Modified: 03 Aug 2016 07:24
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item