Persepsi Masyarakat Tentang Kepemimpinan Daerah Yang Ideal Pada Tingkat Provinsi (Studi Kasus Pada Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Di Provinsi Lampung)

Jajuli, Akhmad (2013) Persepsi Masyarakat Tentang Kepemimpinan Daerah Yang Ideal Pada Tingkat Provinsi (Studi Kasus Pada Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Di Provinsi Lampung). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
1340997.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran persepsi masyarakat tentang kepemimpinan daerah yang ideal pada tingkat provinsi dengan studi pada pemilihan calon gubenur dan wakil gubernur dalam pilkada secara langsung di Provinsi Lampung pada tahun 2008. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan jumlah sampel sebesar 400 responden yang diambil dengan menggunakan teknik penyampelan acak sederhana secara bertahap (multistage random sampling). Hasil penelitian menunjukkan tiga hal, yaitu: pertama, keterlibatan masyarakat dalam proses pilkada sangat tinggi dengan angka partisipasi sebesar 93,2%. Kedua, calon kepala daerah dengan program yang baik, demokratis, berintegritas dan merakyat akan diprioritaskan untuk dipilih oleh masyarakat. Ketiga, etnisitas, integritas dan program kandidat, pragmatisme, dan afiliasi pada partai politik cukup berpengaruh terhadap pilihan politik masyarakat Lampung. Berkaitan dengan hasil penelitian tersebut, penelitian ini menyarankan tiga hal. Pertama, para pemilih hendaknya terus meningkatkan kualiatas dan kuantitas partisipasi politiknya. Kedua, masyarakat pemilih hendaknya dapat menentukan pilihannya dalam pilkada secara cerdas dan rasional. Ketiga, aspek integritas pribadi dan program kerja perlu diperhatikan oleh kandidat dalam membangun kesan dan merancang strategi kampanye untuk memenangkan kompetisi pilkada.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 1340997.pdf
Uncontrolled Keywords: public perceptions, political behavior, leadership region, regional head election, persepsi masyarakat, perilaku politik, kepemimpinan daerah, pemilihan kepala daerah
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150-159 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.4 Leadership (Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: admin upload repo
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:36
Last Modified: 03 Aug 2016 07:36
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item