Strategi Bisnis Perusahaan Material Handling (Studi Kasus pada Perusahaan PT. XYZ)

Marfiandri, (2017) Strategi Bisnis Perusahaan Material Handling (Studi Kasus pada Perusahaan PT. XYZ). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42993.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan pada perusahaan PT.XYZ dengan tujuan untuk mengetahui perubahan faktor Internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis perusahaan khusus bergerak di bidang material handling. Tujuan selanjutnya akan diteliti juga rnengenai strategi bisnis apa saja yang digunakan saat ini agar bisa bertahan dan bisa berkornpetisi dengan perusahaan sejenis. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini agar bisa lebih fokus dan akurat karena banyak melibatkan nara surnber. Proses pengurnpulan data dilakukan dengan cara focus group discussion dan in-depth interview dengan rnenggunakan para narasumber terpilib (expert) yang sudah dianggap mewakili perusahaan. Pengumpulan data berupa aspek internal dan eksternal perusahaan dengan t pertanyaan dan kuiz yang disebarkan. Landasan teori yang digunakan untuk mendapatkan data eksternal yakni PEST, sedangkan untuk teori secara internal rnenggunakan Resources Basis View. Analisa pada tingkat prioritas menggunakan matrik prioritas (SWOT) yang sangat rnewakili penelitian ini. Penelitian pada aspek internal (penyeleksian) menggunakan rnetode VRIO. Penguatan analisa didukung oleh data-data sekunder yang ada berupa data penjualan yang cukup detail agar dapat mempertajarn analisa.Pada tahap selaJtiutnya adalah proses pengintegrasian dalam rangka pengambilan keputusan dengan menggunakan teori David (2004). Tahapan berawal dari tahap input stage dengan menggunakan rnatriks EFE,IFE serta rnatriks CP. Proses pencocokan (matching stage) atau perbandingan untuk rnendapatkan kesarnaan rnenggunakan Matrik SWOT, BCG, dan Grand Strategy Proses tahap akhir ( desician stage) adalah penentuan strategi mana yang terbaik dengan menggunakan QSPM yang diaplikasikan untuk merancang strategi alternatif yang dapat dilakukan perusahaan pada kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini rnenyatakan bahwa faktor internal dan eksternal sangat mernpengaruhi jalarmya perusahaan (strategi bisnis/strategi pernasaran). Skor pernbobotan dengan rnengunakan Matrik IE (skor pernbobotan EFE dan IFE) dapat dilibat bahwa posisi PT XYZ berada pada kuadran Growth,begitu juga dengan diagram Cartesius hasil pengolahan data internal dan eksternal PT XYZ menghasilkan nilai total faktor eksternal sebesar 3,05, sementara nilai total faktor internal sebesar 3,30.Dengan kondisi tersebut dapat diartikan bahwa perusahaan dalam kondisi strength-opportunity, yang bermakna perusahaan memiliki performa baik (diatas rata-rata)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42993.pdf
Uncontrolled Keywords: SWOT, TOWS, RBV,VRIO, BCG, EI, SPACE, QSPM, Manajemen Stratejik, Manajemen Pemasaran, Strategic Management, Marketing Management
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.40 Strategic Management (Manajemen Strategis)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.401 Planning and Strategic Management (Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 21 Nov 2018 06:06
Last Modified: 11 Feb 2019 02:32
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7620

Actions (login required)

View Item View Item