Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Bidang KB/KS (SPM KB/KS) di Kota Malang Pada Tahun 2016

Syahriah, Irawati (2016) Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Bidang KB/KS (SPM KB/KS) di Kota Malang Pada Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43318.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan SPM KB/KS di Kota Malang pada tahun 2016 dan mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengamhinya, dengan menggunakan penelitian kualitatif, teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuannya adalah sudah ada petunjuk teknisnya dari BKKBN Pusat namun harus lebih disosialisasikan dan didukung juknis dari Pernkot Malang, dana (anggaran) dan Sumber Daya Manusia hams ditingkatkan. Karakter Agen Pelaksana belum maksimal, komunikasi dan koordinasi, lintas sektoral secara formal maupun non formal belum maksimal dan hams ditingkatkan, Lingkungan ekonomi, sosial, politik sudah kondusif namun BKKBN pusat perlu lebih memberikan advokasi kepada Pemkot Malang lewat DP3AP2KB Kota Malang, agar pihak eksekutif dan legislatif lebih mendukung program Kependudukan dan Pengendalian Kependudukan di Kota Malang. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhinya belum maksimalnya sosialisasi Petunjuk Teknis SPM KB/KS BKKBN Pusat dan belum didukung Juknis SPM KB/KS di Kota Malang, terbatasnya dana (anggaran) dan kurang berkualitasnya tenaga pelaksana SPM, karakteritik agen pelaksana berupa susunan organisasi DP3AP2KB Kota Malang dan potensi pencapaian program KKBPK perlu lebih ditingkatkan, komunikasi dan koordinasi dengan lintas sektorallewat jalur formal maupun non formal lebih dimaksimalkan, Sikap kecenderunganldisposisi pejabat di DP3AP2KB lebih difokuskan dengan diberikannya advokasi kebijakan dari BKKBN pusat agar lebih memahami program dari BKKBN. Lingkungan sosial, ekonomi, politik di Kota Malang lebih ditingkatkan dengan pemberian advokasi oleh BKKBN kepada pihak eksekutif dan legislatifKota Malang. Sehingga terbentuk opini publik yangpositiftentang program KB/KS dari para elit politik dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43318.pdf
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan SPM KB/KS, Kebijakan publik, Implementation of SPM KB/KS, Public Policy
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 351 Public Administration (Administrasi Negara)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Social Science > 360-369 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362.17 Specific Services (Spesifikasi Pelayanan Medis)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Dec 2018 01:53
Last Modified: 10 Dec 2018 01:55
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item