Analisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Terhadap Kinerja Organisasi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir

Zulkifli, (2018) Analisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Terhadap Kinerja Organisasi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43450.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi daerah pendapatan dan penerimaan daerah mengharuskan melakukan peningkatan manajemen dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (Versi 2008) sebagai upaya meningkatkan mutu dan pelayanannya terhadap pelanggan dalam hal ini wajib pajak dan wajib retribusi daerah serta seluruh stakeholders. Permasalahan yang terjadi adalah setelah diterapkannya standar Sistem Manajemen Mutu ISO sasaran mutu untuk kinerja yang ingin dicapai oleh manajemen Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2013 kurang mencapai hasil yang diinginkan. lnstrumen penelitian yang digunakan dilakukan melalui wawancara dan kuesioner terkait dengan fokus penelitian dengan beberapa pertanyaan untuk dijadikan bahan data atau sumber relevan dan melalui observasi yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang lazim dalam metode penelitian kualitatif dengan tujuan memperoleh informasi yang diperlukan untuk menjawab masalah penelitian. Dari hasil penelitian dan analisis penerapan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dapat disimpulkan penilaian/scoring hasil kuesioner implementasi sistem manajemen mutu ISO 900 1 :2008 pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir menurut skala rating, berdasarkan sistem manajemen mutu, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk dan pemantauan dan pengukuran ISO 900 I :2008 rata-rata masuk dalam kategori baik. Dari wawancara diketahui bahwa pengembangan indikator kinerja organisasi terkait dengan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 :2008 perlunya mempersiapkan SDM yang tepat dilihat dari kemampuannya, sarana prasarana, fasilitas kerja dan pelatihan pegawai, mengindentifikasi kebutuhan pelanggan menjadi prioritas strategis dan rencana strategis dan menerapkan metode sesuai untuk pemantauan dan pengukuran dari proses-proses sistem manajemen mutu yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43450.pdf
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Mutu, Kinerja Organisasi, Quality Management System, Organizational Performance
Subjects: 300 Social Science > 350-359 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran) > 352.83 Management Quality (Manajemen Mutu / ISO)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.3125 Performance Analysis, Performance Rating/Evaluation (Evaluasi Kinerja)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 659.3125 Performance Analysis (Analisis Kinerja, Evaluasi Kinerja)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Dec 2018 07:50
Last Modified: 07 Jan 2019 01:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7768

Actions (login required)

View Item View Item